Malam Takbiran di Sumut Aman

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat mengecek kesiapan Pos Pengamanan Ops Ketubat Toba 2020 Polrestabes Medan yang berada di Jalan Cemara Medan, Jumat (22/05/2020).
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat mengecek kesiapan Pos Pengamanan Ops Ketubat Toba 2020 Polrestabes Medan yang berada di Jalan Cemara Medan, Jumat (22/05/2020).

MEDAN, kaldera.id – Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin pastikan Sumatera Utara aman dalam perayaan malam Idul Fitri 1441 Hijriah, Sabtu (23/5/2020).

Martuani melakukan monitoring dan stand by di Pos Lantas Lapangan Merdeka Medan. Didampingi Wakapolda Sumut, PJU Polda Sumut, Kabinda Sumut, Kapolrestabes Medan, Dandim 02/01 BS dan personil yang terlibat menegaskan secara umum kondisi keamanan dan ketertiban provinsi ini aman.

Katanya, tak ada peristiwa yang menganggu keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan malam takbiran berjalan lancar dan tetap dalam pengawasan serta pengawalan TNI dan Polri serta Pemerintah Sumut, tokoh masyarakat dan tokoh agama. “Tentunya TNI dan Polri tetap melakukan giat penghimbauan kepada masyarkat agar mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan malam takbiran di tengah pandemic Covid -19,” ungkap Martuani.

Mantan Kapolda Papua itu menegaskan jika prosedur pengamanan terkait dengan penanganan Covid-19 tetap dilakukan. Hal ini dengan tegas pihaknya menghadang 800 pendatang yang akan memasuki wilayah Sumatera Utara. Ini dilakukan karena para penumpang tidak mematuhi protokol kesehatan karena tidak di lengkapi dengan rapid test sesuai himbauan yang sudah di sepakati pemerintah.

“Saat ini kami berkoordinasi dengan Kodam I/BB mengerahkan personil dan melekat di pos pengamanan idul fitri 1441 H. Sejauh ini di Kota Medan semua masyarakat dalam keadaan patuh tidak ada yang berkeliling namun bermalam takbiran di dalam masjid,” tegasnya.(haris)