Percepat Tambah Guru Besar, UIN Sumut Bentuk AWC

Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap (kanan) saat melantik Academic Writing Centre (AWC) UIN Sumut.(ist)
Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap (kanan) saat melantik Academic Writing Centre (AWC) UIN Sumut.(ist)

MEDAN , kaldera.id- Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr Syahrin Harahap menunjukan Retno Sayekti, MLIS, sebagai Kepala Academic Writing Centre (AWC) UIN Sumut, Rabu (14/4/2021) di Kampus II UIN Sumut, Jalan Willem Iskandar.

Lembaga baru ini ditargetkan memperkuat kualitas publikasi ilmiah sivitas akademik kampus, yang menjadi tuntutan pendidikan global. Syahrin mengatakan, jumlah Guru Besar UIN Sumut masih sangat kurang jika melihat kebutuhan yang ada. “Lembaga ini saya harap juga bisa memetakan bagaimana proses penambahan Guru Besar UIN Sumut bisa lebih cepat,” katanya.

Setelah membentuk AWC, UIN Sumatera Utara menyiapkan langkah untuk mencapai target penambahan Guru Besar atau Profesor. Strategi besar ini menurut Rektor Prof Dr Syahrin Harahap menjadi bagian tak terpisahkan dari visi penguatan UIN Sumatera Utara.

“Strategi yang digunakan akan lebih tajam pada pendampingan penulisan ilmiah. Kedua, memberi dukungan dana penulisan dan pemuatan makalah pada jurnal bereputasi scopus,” tambahnya.

Selanjutnya, UIN Sumatera Utara juga akan memberlakukan program karantina dalam penulisan karya ilmiah yang potensial lolos ke jurnal bereputasi scopus. “Program ‘profesorisasi’ ini merupakan bagian integral dari visi penguatan UIN Sumatera Utara,” tegasnya.

Menurut Syahrin saat ini banyak Doktor dengan pangkat Lektor Kepala di UIN Sumut yang dapat segera didorong menjadi Guru Besar. “Ini harus didata, dan datanya ingin saya lihat. Sehingga kita dapat memproyeksikan siapa yang segera bisa menjadi Guru Besar,” bebernya.

Sementara, Retno Sayekti MLIS yang diamanahkan memimpin Academic Writing Center UIN Sumatera Utara mengatakan akan berusaha menjawab kebutuhan Rektor dan sivitas akademik UIN Sumut. Lembaga ini mempunyai tugas menyediakan layanan informasi dan konsultasi terkait dengan perkembangan standar-standar penulisan dan penerbitan ilmiah. Kemudian, melakukan pembimbingan dan pendampingan penulisan ilmiah bagi sivitas akademika UIN Sumatera Utara – Medan.

Selanjutnya, membantu sivitas akademika UIN Sumatera Utara Medan dalam proses penerbitan karya ilmiah sesuai dengan standar-standar akademik yang berlaku. Serta membantu menumbuhkan budaya tulis ilmiah di kalangan sivitas akademika UIN Sumatera Utara Medan.(finta/rel)