Pengukuhan DPW KSBN Sumut Diapresiasi: Majukan Budaya Bersama Masyarakat

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumut di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sabtu (20/8). (kaldera/ist)
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumut di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sabtu (20/8). (kaldera/ist)

 

DELISERDANG, kaldera.id – Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumatera Utara (Sumut) resmi dikukuhkan, Sabtu (20/8/2022). Pengukuhan ini sangat menarik karena dilakukan di ruang terbuka pusat kreativitas masyarakat dan diiringi dengan pagelaran seni budaya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KSBN Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji mengaku yang paling terkesan dengan pengukuhan pengurus KSBN Sumut, yang diadakan out door menyatu dengan masyarakat di Pasar Kamu.

“Saya memberi apresiasi yang sangat tinggi pada Pak Wagub, pengurus KSBN Sumut dan seniman budayawan yang ada di Sumut ini. Kegiatan di Pasar Kamu ini berbasis tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat itu sendiri. Itulah yang kita harapkan pula dari Pengurus KSBN Sumut yang hari ini dilantik,” katanya.

Budaya, lanjut Hendardji, adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Budaya bukan menara gading yang tak terjangkau oleh masyarakat.

“Kehadiran Pasar Kamu di Sumut ini menunjukkan kalau budaya tumbuh berkembang bersama masyarakat dan telah terbukti berhasil menggerakkan ekonomi kerakyatan, mengurangi kesenjangan serta mampu menangkal semua pengaruh budaya luar,” ujarnya.

Ia pun berharap Pasar Kamu bisa dikembangkan di seluruh Kabupaten/Kota di Sumut dengan karakter budaya masing-masing. Dalam kesempatan itu, Hendardji mengukuhkan Ir H Soekirman sebagai Ketua DPW KSBN Sumut, dengan Sekretaris Agus Marwan dan Bendahara Martina Silaban. DPW KSBN Sumut juga dilengkapi dengan bidang-bidang pendukung.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, mengaku memberi saran kepada panitia untuk melaksanakan pengukuhan Pengurus KSBN Sumut di Pasar Kamu.

Sumatera Utara memiliki banyak khazanah seni budaya

“Kami ingin mendorong semua aspek bisa bangkit di Sumatera Utara ini. Mulai dari pariwisata, kebudayaan dan seni yang muara akhirnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Dengan hadirnya seniman, budayawan ini kita berharap juga menjadi promosi daerah, promosi Sumatera Utara sehingga orang tahu Sumatera Utara memiliki banyak khazanah seni budaya. Melalui KSBN inilah kami harap juga seni budaya di Sumatera Utara bisa terus berkembang,” katanya.

Ijeck juga memberikan ucapan selamat kepada Ketua KSBN Sumut Soekirman, dan pengurus lainnya yang baru dilantik. “Saya harap KSBN dapat menjadi motor pemajuan kebudayaan di Sumatera Utara,” kata Ijeck yang juga Ketua Dewan Pembina DPW KSBN Sumut.

Hadir pula di pelantikan Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Wakil Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Tuanku Ahmad Tala’a, Pangeran Sergai Tengku Ahmad Syafei dan lainnya.(reza/red)