Ads

Pemprov Sumut dan Dukcapil Pusat Awasi Langsung Layanan Kependudukan

redaksi
18 Jul 2025 14:06
Medan News 0 1
2 menit membaca

 

MEDAN, kaldera id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri memastikan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Sumut berjalan dengan baik dan sesuai standar.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Jenderal Dukcapil, Teguh Setyabudi, usai bertemu Gubernur Sumut, Muhammad Bobby Afif Nasution, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (17/7/2025).

“Sebelumnya kami sudah meninjau langsung proses pelayanan di Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang. Semua berjalan lancar, mulai dari proses perekaman hingga pengambilan foto. Pelaksanaannya sudah baik,” ujar Teguh.

Selain menilai kualitas layanan, Ditjen Dukcapil juga memeriksa kelayakan fasilitas di kantor-kantor pelayanan administrasi di daerah yang dikunjungi. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa sarana dan prasarana telah memenuhi standar pelayanan publik.

Gubernur Sumatera Utara, Bobby Nasution, dalam pertemuan itu menekankan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang optimal bagi masyarakat. Ia menyebut tugas ini sebagai bentuk pengabdian yang mulia.

“Pelayanan administrasi kependudukan adalah bagian penting dari tanggung jawab negara kepada rakyat. Karena itu, petugas Disdukcapil di seluruh kabupaten/kota harus bekerja dengan penuh kesungguhan,” tegas Bobby.

Ia menambahkan, Pemprov Sumut berkomitmen mendukung peningkatan mutu layanan kependudukan, baik dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia, maupun penggunaan teknologi digital yang dapat mempermudah akses masyarakat terhadap layanan.

Pertemuan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Sumut, Parlindungan Pane, bersama jajaran Ditjen Dukcapil Kemendagri. (Reza)