Begini Cara Merawat Pasien Corona di Rumah

Ilustrasi (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA, kaldera.id – Anda positif terinfeksi virus corona yang sedang menjalani parawatan di rumah? Simak tips berikut agar Anda segera sembuh.

Seluruh penderita covid 19 tidak semuanya menjalani perawatan di rumah sakit. Sebagian orang yang terinfeksi virus corona ini dirawat di rumah masing-masing.

“Sebagian besar penderita covid 19 yang mengalami gejala ringan dapat dirawat di rumah setelah mendapatkan anjuran dari dokter,” kata Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia.

Sekedar info, gejala infeksi virus corona ditandai dengan batuk, flu, demam, sesak napas, dan kehilangan indera perasa dan penciuman.
Namun, sebagian orang yang positif menderita covid 19 ini tidak menampakkan gejala.

Bila Anda adalah penderita covid 19 dan harus menjalani perawatan di rumah, sebaiknya anggota keluarga harus tetap mendukung.
Anggota keluarga lain tidak perlu panik, sebab ada cara untuk merawat penderita covid 19 di rumah. Berikut tips perawatan penderita covid 19 di rumah.

Patuhi masa karantina atau isolasi diri

Ilustrasi (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Penderita covid 19 wajib mematuhi masa karantina yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini dilakukan agar Anda tidak sampai menularkan virus kepada orang lain.

Selama masa karantina di rumah, sebaiknya penderita covid 19 tetap berada di dalam kamar yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain.
Meski hanya berdiam diri di dalam kamar, penderita covid 19 sebaiknya membuka jendela kamar yang mengarah ke luar rumah setiap pagi dan sore hari.

BACA JUGA :  Pegawai Positif Covid-19, Kantor BPJS Cabang Medan Tutup

Hal tersebut akan membuat sirkulasi udara lancar dan sinar matahari masuk ke dalam kamar.

Selama isolasi diri, penderita sebaiknya tidak melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga lainnya. Bila memungkinkan, penderita covid 19 diberikan fasilitas toilet pribadi.

Bila toilet di rumah hanya satu, penderita covid 19 sebaiknya menggunakan toilet dengan urutan paling terakhir. Setelah itu, anggota keluarga harus membersihkan toilet tersebut dengan desinfektan.

Gunakan peralatan makan dan mandi khusus

Ilustrasi (ist).
Ilustrasi (ist).

Langkah selanjutnya, penderita covid 19 sebaiknya menggunakan peralatan makan yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya. Penderita sebaiknya makan di dalam kamar, sehingga tidak sampai melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga lainnya.

Selain itu, penderita covid 19 juga menggunakan peralatan mandi sendiri. Selama masa perawatan, penderita sebaiknya menggunakan pakaiannya sendiri.  Pakaian yang kotor sebaiknya diletakkan di dalam keranjang tertutup sebelum dicuci.

Bersihkan perabot secara berkala 

Ilustrasi (Foto: social blend)
Ilustrasi (Foto: social blend)

Penderita wajib membersihkan perabot di dalam kamar atau ruangan isolasi. Proses pembersihan bisa menggunakan cairan desinfektan yang dibuat sendiri.

Asal tahu saja, cairan desinfektan mampu membunuh virus, kuman, dan bakteri.  Penderita sebaiknya membersihkan AC dan tirai jendela secara teratur.  Istirahat dan makan makanan bergizi

Penderita sebaiknya memperbanyak waktu istirahat selama masa perawatan. Tidak hanya itu, penderita covid 19 wajib mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh.

Penderita wajib mengelola stres agar tidak sampai menurunkan sistem kekebalan tubuh. Terakhir, penderita wajib mengkonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter.

Dokter Santi mengatakan penyakit covid 19 bisa sembuh walaupun belum ada obat khusus untuk mengobatinya.(kontan/tim)