Hari Ibu dengan Donor Darah di XL Medan

MEDAN, kaldera.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memeringati Hari Ibu dengan kegiatan donor darah dan talkshow di Grha XL Medan, Jalan Diponegoro No 5 Medan, Senin (23/12/2019).

“Kegiatan donor darah memang selalu rutin dilaksanakan per 3 bulan. Khusus peringatan Hari Ibu, XL Axiata menghadirkan talkshow tertajuk deteksi dini kanker pada anak dan kanker serviks,” kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Dia mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini telah menjadi rutinitas bagi karyawan XL Axiata di Medan dan juga masyarakat  umum, selain manfaat yang sudah dirasakan sangat baik, donor darah juga sudah menjadi gaya hidup. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk cek kolesterol, cek lemak dihati, persendian dan pencernaan.

Desy menambahkan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), RSUP H Adam Malik, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Generasi Muda-IKL, Kalbe Farma dan juga masyarakat umum.

Dr. Cut Adeya Adella, SpOG (K.Onk) dan dr. Olga Rasiyanti Siregar, M.Ked (Ped), SpA(k) sebagai narasumber talkshow mengatakan bahwa banyak hal yang menjadikan penyebab kanker, salah satunya adalah gaya hidup, disertai dengan beberapa gejala awal kanker seperti benjolan/pembengkakan, mudah lelah dan berat badan turun.

“Kemudian lebam berkepanjangan, sakit kepala, perubahan bentuk mata dan kepala, sehingga harus dihindari sejak dini dan jika perlu segera dikonsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tukas Adella.

Donor darah yang dilaksanakan hari ini terkumpul sebanyak 40 kantong darah yang akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistrusikan ke anak-anak penderita kanker.(f rozi)