Antisipasi Virus Corona, Hotel di Sumut Siapkan Screening dan Hand Sanitizer

Salah satu pengunjung hotel sedang melakukan screening atau body heat check. (ist)
Salah satu pengunjung hotel sedang melakukan screening atau body heat check. (ist)

MEDAN, kaldera.id- Mengantisipasi percepatan menyebarnya virus corona di Medan dan Sumatera Utara, para pengelola hotel diketahui sudah menyiapkan screening atau body heat check agar para tamu bisa dipastikan kondisi fisiknya, kata ketua asosiasi general manager hotel berbintang DPD Sumut IHGMA Sumut.

Achmad Zulham, ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) atau asosiasi general manager hotel berbintang DPD Sumut, mengungkapkan hal itu kepada kaldera.id, Rabu (4/3/2020) malam, terkait antisipasi hotel dalam mencegah virus corona.

Dia mengatakan saat ini sebagian hotel terutama yang berada di Medan, Deliserdang khususnya kawasan Kualanamu sudah menyiapkan body heat check (pengukur suhu tubuh). Sebab, kata dia, itu langkah awal hotel mengidentifikasi gejala tamu yang terpapar virus corona.

“Bahkan untuk setiap tamu yang check in, hotel menyediakan masker dan hand sanitizer mengantisipasi dan memberi keyakinan kepada tamu bahwa mereka terjaga dari terpapar virus corona,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pelaku UMKM di Nelayan Indah Dapat Bantuan Alat Pemisah Tulang Ikan Dari Bobby
salah satu hotel menyediakan hand sanitizer mengantisipasi tamu bahwa mereka terjaga dari terpapar virus corona. (ist)
salah satu hotel menyediakan hand sanitizer mengantisipasi tamu bahwa mereka terjaga dari terpapar virus corona. (ist)

Menurut Zulham, hotel juga memberikan edukasi kepada tamu dan karyawan mengenai ciri-ciri dan cara menghadapi virus mematikan tersebut. “Bukan hanya itu, kami juga akan melaporkan tamu ke rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah provinsi sebagai tempat perawatan pasien yang suspect corona,” ungkapnya.

Jika hotel menemukan tamu yang suspect, pihaknya akan langsung menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. “Kita semua sudah punya hotline dan nomor kontak yang siap dihubungi. Kita di hotel turut mengantisipasi itu semua demi terjaganya tamu yang datang,” jelasnya.

Saat disinggung hotel mana saja yang sudah menyiapkan body heat check, Zulham menjelaskan untuk Medan dan Deliserdang khususnya Kuanalamu sudah tersedia. “Hotel lain terutama yang di daerah akan menyusul. Artinya kita konsen untuk turut mengantisipasi persebaran virus corona ini,” tuturnya. (armin nasution)