Peningkatan Produksi Padi di Asahan Capai 5,69% pertahun

Kegiatan Panen Raya di Kecamatan Rawang Panca Arga, Senin (16/3/2020).
Kegiatan Panen Raya di Kecamatan Rawang Panca Arga, Senin (16/3/2020).

ASAHAN, kaldera.id – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Sumut, Nouval Mahyar dan Bupati Asahan Surya panen raya
di Kecamatan Rawang Panca Arga, Senin (16/3/2020).

Kegiatan ini juga diwarnai penyerahan bantuan benih padi, jagung, bibit cabe, alsintan cultivator, alsintan hand sprayer, kartu tani dan klaim asuransi. Bupati Asahan Surya mengungkapkan, sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan Asahan. Mengingat cukup besarnya peluang yang dikembangkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Hanya saja untuk mewujudkannya masih memiliki kendala seperti produktivitas lahan yang belum optimal. Selain itu, penggunaan benih bermutu yang masih rendah. Tingkat kehilangan hasil yang masih tinggi serta dukungan sarana dan prasarana yang masih belum memadai.

Untuk itu, Pemkab Asahan telah lakukan berbagai upaya meningkatkan pencapaian produksi pangan di Asahan yakni, pengembangan sarana dan prasarana. “Pengembangan sarana dan prasarana yang dilakukan antara lain, jaalan usaha tani, pembangunan jaringan pengairan dan penyediaan alat dan mesin pertanian, dab lainnya,” ungkap Surya.

Sedangkan untuk peningkatan produktivitas dilakukan melalui penggunaan benih unggul, perluasan areal tanam, pengamanan hasil produksi, dan penguatan kelembagaan pertanian seperti kelompok tani. Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Sumut, Nouval Mahyar mengapresiasi atas perkembangan potensi padi di Asahan.

Dia melihat potensi padi di Asahan bisa menghasilkan lebih besar lagi. Sehingga Asahan merupakan salah satu kabupaten penerima program Integrated Participatory Development and Management of Irigation (IPDMIP) yang mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

“Dalam kurun waktu lima tahun terakhir Kecamatan Rawang Panca Arga dan Kecamatan Meranti mengalami peningkatan produktivitas padi. Peningkatan produktivitas tersebut rata-rata sebesar 5.69 persen, diharapkan produktivitas ini terus meningkat setiap tahunnya,” pungkasnya. (fendi)