Site icon Kaldera.id

Debitur Terdampak Covid-19, Bank Sumut Proses Relaksasi Kredit Senilai Rp1,3 Triliun

Direktur Utama PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, Jumat (8/5/2020), saat bertemu wartawan di Gedung Utama Bank Sumut.

Direktur Utama PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, Jumat (8/5/2020), saat bertemu wartawan di Gedung Utama Bank Sumut.

MEDAN, kaldera.id – Bank Sumut mengaku sedang memroses relaksasi kredit debiturnya senilai Rp1,3 triliun dengan jumlah 7.909 akun.

“Sebagai bentuk kepedulian Bank Sumut terhadap nasabah debitur yang usahanya terkena dampak Covid 19, saat ini jumlah debitur yang dalam proses pemberian relaksasi kredit sebanyak 7.909 akun dengan nilai sebesar Rp1,3 triliun,” kata Direktur Utama PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, Jumat (8/5/2020), saat bertemu wartawan di Gedung Utama Bank Sumut.

Dikatakan Budi, Indonesia tengah dihadapkan pada masalah pandemic Covid 19 yang telah memukul seluruh sektor termasuk sektor perekonomian ditengah ancaman krisis, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun daya beli masyarakat yang menurun tajam.

Namun dalam situasi itu, Bank Sumut masih mencatatkan kinerja positif. Di mana, per Maret 2020 tercatat aset Bank Sumut tercatat Rp33,8 triliun, dana pihak ketiga Rp27,3 triliun dan kredit sebesar Rp23,7 triliun. Adapun laba bersih Bank Sumut sebesar Rp137,2 miliar atau mencapai 104,46% dari target yang direncanakan per Maret 2020.

“Ini tak terlepas dari bantuan teman-teman media juga,” katanya.

Bank Sumut kata Budi, juga turut tergerak untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemic covid 19. Mereka menyalurkan bantuan 7.500 masker kepada seluruh puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) se kota Medan. Kemudian 21 Tangki air untuk pencuci tangan di kecamatan di Kota Medan.

“Ada juga Bantuan APD kepada 4 Rumah sakit rujukan Covid 19 dan Bantuan sembako melalui gugus tugas penanggulangan Covid 19 Provinsi Sumatera Utara. Kami juga beri bantuan pakan pada hewan di Medan Zoo. “Total bantuan yang telah disalurkan Bank Sumut Rp417 juta,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bank Sumut juga menyalurkan bantuan pada kalangan wartawan. Di mana turut hadir Sekretaris PWI Sumut, Eduard Thahir, Ketua IWO Medan Erie Prasetyo dan sejumlah organisasi wartawan lain seperti AJI Medan dan IJTI Sumut.

“Kegiatan yang dibuat Bank Sumut tersebut merupakan bentuk dukungan kepada rekan-rekan pers yang patut diapresiasi. penting kiranya kita tetap bekerja dengan memperhatikan anjuran pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19. Kita menilai kegiatan yang selama ini dibuat Bank SUmut dengan melibatkan insan pers merupakan upaya promotif pencegahan penyebaran covid-19,” kata Erie Prasetyo.(f rozi)

Exit mobile version