Standart Masker Kain Menurut WHO 3 Lapis, Ini Bahan dan Kombinasinya

Standart Masker Kain Menurut WHO 3 Lapis, Ini Bahan dan Kombinasinya
Standart Masker Kain Menurut WHO 3 Lapis, Ini Bahan dan Kombinasinya

JAKARTA,kaldera.id – World Health Organization (WHO) memperbarui beberapa panduan terkait pencegahan Covid-19. Terkait pengggunaan masker saat ini, WHO memuat tentang masker kain yang berstandar.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya tanggal 5 Juni 2020 menyebutkan beberapa poin. Salah satunya adalah penggunaan masker kain yang kini wajib terdiri dari tiga lapis.

“Panduan terbaru kami memuat informasi terbaru dalam hal komposisi masker kain, berdasarkan kajian akademis yang diminta oleh WHO,” tutur Ghebreyesus seperti dikutip dari situs resmi WHO, Minggu (7/6/2020).

Berdasarkan kajian baru ini, lanjut ia, WHO mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain dengan minimal tiga lapisan berbeda. “Detail tiap lapisan ada dalam panduan,” tuturnya.

Tiga lapis kain

Mengutip panduan terbaru WHO “Advice on the use of masks in the context of COVID-19: Interim guidance” keluaran 5 Juni 2020, masker non-medis atau biasa disebut masker kain bisa terbuat dari berbagai bahan dan kombinasi.

Kombinasi dari berbagai jenis kain dan material menghasilkan filtrasi yang berbeda terhadap kemampuan untuk bernapas dan penyaringan virus.

Saat ini, standar masker kain telah ditetapkan oleh French Standarization Association (AFNOR Group) dengan jumlah filtrasi minimal 70 persen terhadap partikel solid atau droplet.

Masker kain minimal harus memiliki tiga lapisan dengan kombinasi yang beragam.

Beberapa jenis kain yang bisa digunakan antara lain:

– Polypropylene
– Katun (woven)
– Katun (knit)
– Polyester
– Cellulose (tisu)
– Cellulose (paper towel)
– Silk (napkin)
– Nylon

Setiap lapis kain memiliki rentang filtrasi antara 0,7 persen hingga 60 persen. Semakin tinggi filtrasinya, semakin ampuh lapis kain tersebut untuk menahan virus.

Kombinasi nylon dan 100% polyester misalnya, ketika dilipat menjadi dua lapis, memberikan filtrasi 2-5 kali lebih tinggi dibandingkan satu lapis saja. Tingkat filtrasi bertambah hingga 7 kali lipat apabila dilipat menjadi empat lapis.

Namun harus diingat, semakin tebal lapisan kainnya, semakin menyulitkan kita untuk bernapas. Oleh karena itu WHO merekomendasikan masyarakat untuk mencoba masker tersebut terlebih dahulu sebelum beraktivitas menggunakannya.

Kombinasi bahan ideal

Kombinasi ideal untuk masker kain yaitu terdiri dari tiga lapis:

1. Lapisan pertama di bagian paling dalam (menyentuh mulut dan hidung) adalah material katun atau cotton blends.
2. Lapisan kedua di bagian terluar adalah material polypropylene, polyester, atau gabungan keduanya.
3. Lapisan tengah adalah material polypropylene atau katun. (kompas/kal/rh)