Rapid Test Gratis di Medan, Dompet Dhuafa Waspada Gandeng Tokped dan RS Sufina Aziz

MEDAN, kaldera.id- Dompet Dhuafa (DD) Waspada bersinergi dengan Tokopedia (Tokped) dan RSU Sufina Aziz menggelar Mobile Rapid Test Gratis untuk masyarakat Kota Medan.

Kegiatan ini berlangsung di RSU Sufina Aziz, Jalan Karya Baru, Medan Helvetia, Selasa (21/7/2020).

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman mengatakan bahwa Mobile Rapid Test ini digelar serentak di 17 provinsi.

“Mobile Rapid Test ini serentak digelar di 17 provinsi dari tanggal 21-23 Juli 2020. 17 provinsi itu diutamakan yakni provinsi yang termasuk zona merah dan kita di Sumatera Utara salah satunya,” terangnya.

Lebih lanjut, Sulaiman menuturkan bahwa Rapid Test ini sengaja dilakukan dengan tujuan sebagai deteksi awal bagi kelompok rentan dan masyarakat marginal. “Kegiatan ini memang sengaja dilakukan guna mendeteksi awal kelompok rentan dan memudahkan masyarakat marginal melakukan pengecekan secara gratis,” ucapnya.

Selain itu, Mobile Rapid Test ini juga dilakukan sebagai cara untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. “Melalui kegiatan ini juga kita ingin adanya edukasi berupa pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan guna memutus mata rantai penularan kasus,”tuturnya.

Sejalan dengan tujuan itu, direktur RSU Sufina Aziz, dr T Liza Syahnas menyambut baik sinergi kegiatan Mobile Rapid Test yang dilakukan Dompet Dhuafa Waspada bersama Tokopedia ini.

“Kami menyambut baik dan turut serta dalam kegiatan Mobile Rapid Test untuk masyarakat kota Medan ini. Sebagaimana kita ketahui kota Medan termasuk zona Merah tingkat nasional dengan jumlah pasien Covid-19 meningkat setiap hari,” ucapnya.

BACA JUGA :  Akhyar: Covid-19 Bukan Aib, Tapi Penyakit Harus Disembuhkan

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan dilakukan Rapid Test ini menjadi salah satu upaya kita dalam men-tracing penyebaran Covid-19. “Kita berharap Rapid Test ini dapat men-tracing Covid-19 sebab _tracing_ sangatlah penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Memutus dan Mencegah Covid-19

 

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan turut membantu pemerintah. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat turut membantu pemerintah dan gugus tugas Medan untuk memutus penyebaran Covid-19 dan percepatan penanganan covid 19,” harapnya.

Salah seorang peserta Mobile Rapid Test, Karina turut mengucapkan rasa terima kasihnya atas diadakannya kegiatan ini.

“Terima kasih banyak kepada penyelenggara kegiatan baik Dompet Dhuafa dan Tokopedia serta tenaga medis RSU Sufina Aziz. Saya merasa terbantu dengan ada kegiatan ini karena Rapid Test sebagai salah satu persyaratan untuk masuk pondok pesantren,” ucapnya.

Karina juga merasa senang mendapat edukasi bagaimana penanganan Covid-19. “Selain saya bisa terbantu bisa melakukan Rapid Test gratis, saya juga senang sekali mendapat edukasi terkait bagaimana penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan RSU Sufina Aziz Medan, Sutan Aziz, Kabid Pelayanan, Dr.Fella, serta PIC Program Dompet Dhuafa Waspada, Henita Damanik. (finta rahyuni)