Ini 3 Calon Rektor USU yang Lolos ke MWA, Pemilihan 3 Desember 2020

MEDAN, kaldera.id- Pemilihan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) sudah masuk ke tahap 3 besar. Ketiga nama yang menjadi calon kuat rektor USU periode 2021-2026 itu adalah Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, Prof Dr M Arif Nasution, MA (dosen FISIP USU) dan Prof Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K).

Dari proses penyaringan yang dilakukan senat akademik USU, Prof Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K) mendapat suara terbanyak dengan total 52 suara. Kemudian Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, 37 suara dan Prof Dr M Arif Nasution, MA 11 suara.

Sementara Dr. Restu Utama Pencawan, SH, M Pd, dari kalangan eksternal USU tidak mendapat suara sama sekali.

“Jumlah senat kita 101 orang, tapi karena 1 orang sedang dirawat dirumah sakit. Jadi senat yang hadir 100 orang,” ujar Rektor USU, Runtung Sitepu kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Selanjutnya, ketiga nama ini akan dikirim ke Majelis Wali Amanat untuk dilakukan pemilihan rektor USU periode 2021-2026 pada 3 Desember 2020 di Jakarta.

Majelis Wali Amanat ini, kata Runtung, berjumlah 21 orang yang terdiri dari 8 orang dari Wakil senat akademik, 10 dari wakil masyarakat, Gubsu, rektor USU yang sedang menjabat dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Jadi total 21 orang dengan ketentuan mas Menteri memiliki suara 35 persen, yang 20 lagi memiliki suara 65 persen.Berarti 65 persen dibagi 20. Jadi 1 orang memiliki nilai suara 3,25,” jelasnya.

Sebelum mengerucut menjadi tiga besar terdapat enam calon rektor, ketiga calon lainnya adalah Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp.OG(K), (Dosen FK USU) dan Dr M Sontang Sihotang, S Si, MSi (Dosen FMIPA USU). Sementara satu lagi adalah Dr. Restu Utama Pencawan, SH, M Pd, dari kalangan eksternal USU.

Dua orang diantaranya mundur yaitu Prof M Fidel Ganis Siregar dan Dr Sontang Sihotang karena alasan pribadi sebelum proses audisi. (finta rahyuni)