Kuliah Tatap Muka, Forum Rektor Khawatir Klaster Kos-kosan

Ketua Forum Rektor, Arif Satria, yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).(ist)
Ketua Forum Rektor, Arif Satria, yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).(ist)

JAKARTA, kaldera.id – Ketua Forum Rektor Indonesia Arif Satria mengatakan, dirinya mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Kemendikbud terkait pembelajaran PT di masa pandemi pada 2021 nanti.

Meski ia mengungkapkan kekhawatirannya bila kontrol di luar lingkungan kampus, seperti kos-kosan, bisa melemah.

“Yang krusial saat ini adalah bahwa di PT kami relatif bisa melakukan kontrol dengan baik, namun memang masalah yang harus diantisipasi adalah kos-kosan. Ini adalah tantangan bagi mahasiswa, tantangan bagi PT, untuk menerapkan disiplin dan membangun kesadaran masyarakat di sekitar kampus terkait protokol kesehatan yang baik,” tutur Arif seperti dilansir pikiran-rakyat.com, Kamis (3/12/2020).

Ia mengaku mendapatkan informasi bila kos-kosan di kampus tertentu menjadi klaster penularan covid-19. Arif kemudian menekankan supaya mahasiswa bisa menjadi contoh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang baik.

“Jadi, saya kira ini kesempatan dan sekaligus apa yang kita lakukan ini secara bertahap. Tidak bisa langsung otomatis semua kampus membuka diri. Kita fokuskan pada prodi-prodi tertentu yang memang membutuhkan keahlian, seperti vokasi, kemudian prodi-prodi yang membutuhkan kompetensi laboratoris,” ujarnya.(pr/red)