Site icon Kaldera.id

Raih 57,75% Suara, Muryanto Amin Rektor USU Terpilih

Muryanto Amin, terpilih sebagai Rektor baru USU. Terlihat Muryanto tersenyum usai pemilihan.(ist)

Muryanto Amin, terpilih sebagai Rektor baru USU. Terlihat Muryanto tersenyum usai pemilihan.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Dr Muryanto Amin, M.Si, terpilih sebagai Rektor USU 2021 – 2026. Dia terpilih setelah meraih 57,75% suara atau setera 18 suara Majelis Wali Amanat USU.

Informasi diperoleh Kamis, (3/12/2020), Muryanto unggul dari Prof dr Farhat dengan meraih 11 suara atau 35,75%, dan Prof Dr Arif Nasution dengan 2 suara atau 6,5%. Di antara anggota Majelis Wali Amanat ialah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam.

Diketahui tiga nama calon Rektor USU yakni Muryanto Amin, Prof Dr Farhat, dan Prof Arif Nasution, lolos tiga besar dan akan melalui proses pemilihan di MWA USU. Anggota MWA USU berjumlah 21 orang. Di mana, satu di antaranya adalah Gubernur Sumut dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Sesuai aturan, jumlah suara Mendikbud dalam pemilihan rektor adalah sebesar 35%. Dengan jumlah anggota MWA USU sebanyak 21 orang, maka suara Menteri Nadiem akan setara dengan 11 anggota MWA. Muryanto Amin lahir di Medan pada 30 September 1974. Dia menjadi calon Rektor USU yang paling muda. Pendidikan terakhir Muryanto yaitu S3 Ilmu Politik UI dan kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

Muryanto merupakan seorang suami dan juga ayah dari 3 orang anak, telah berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Politik Program Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) setelah berjuang selama kurang lebih 90 menit mempertahankan disertasinya yang berjudul “Kekuasaan dan Politik Lokal (Studi tentang Peran Pemuda Pancasila dalam Mendukung Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Periode 2008-2013)”.

“Saya akan menjadikan USU Univeristas kelas dunia yang menghasilkan lulusan yang berkarater keindonesiaan dan bermoral tinggi,” katanya.(finta rahyuni)

Exit mobile version