Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami untuk Layanan Medis Berkualitas

Buku Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami
Buku Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami

Oleh: Fakhrur Rozi

MEDAN, kaldera.id – Dokter dan perawat punya posisi cukup penting dalam menentukan kualitas pelayanan medis rumah sakit. Relasinya dokter, perawat dan pasien dianggap dapat membantu kesembuhan. Komunikasi terapeutik bernuansa islami, merupakan salah satu cara memaksimalkan kepercayaan pasien hingga citra profesionalitas tenaga medis dan layanan medis.

Buku berjudul “Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami yang ditulis Dr. Dra. Nina Siti Salmaniah Siregar, M.Si, memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang bentuk-bentuk komunikasi terapeutik bernuansa islami yang dilakukan oleh dokter dan paramedis/ perawat terhadap pasien pada fase orientasi, fase kerja (working) dan fase penyelesaian (termination) adalah melalui komunikasi interpersonal dengan penyampaian pesan melalui bentuk komunikasi verbal, komunikasi tertulis, dan komunikasi nonverbal.

Kemudian, bentuk komunikasi verbal dilakukan melalui dimensi jelas dan ringkas, perbendaharaan kata, jeda dan kesempatan berbicara, arti denotatif dan konotatif, waktu dan relevansi serta pemberian humor. Bentuk komunikasi tertulis dilakukan melalui surat, memo, resep obat dengan memperhatikan kejelasan dan ketepatan pesan, serta bentuk komunikasi nonverbal dilakukan melalui penampilan diri, nada suara, ekspresi wajah dan sentuhan.

Buku ini sepertinya lahir dari Dr Nina Siti Salmaniah Siregar, menyikapi perkembangan keberadaan rumah sakit bernuansa islami yang bermunculan di tengah masyarakat. Rumah sakit bernuansa islami menjadi pilihan masyarakat karena persepsi tentang konsep pelayanan komunikasi terapeutik, sebagai implementasi akhlaq dalam profesi medis di sana, berbasis prinsip komunikasi Islam yang berpedoman pada Alquran dan Hadis.

Dalam buku ini selain memberikan gambaran utuh tentang fenomena komunikasi terapeutik, pembaca juga akan mendapatkan konsep dasar komunikasi terapeutik, prinsip komunikasi Islam, hingga penerapan model dan prinsip komunikasi Islam dalam proses dan tahapan komunikasi terapeutik di rumah sakit bernuansa Islam.

Bagi Dr Nina, Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami menjadi solusi untuk pelayanan medis yang berkualitas. Buku ini juga patut direkomendasikan untuk pengambil kebijakan di di rumah sakit atau fasilitas kesehatan masyarakat lainnya. Selamat membaca.(*)

Judul Buku  : Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami
Penulis        : Dr. Dra. Nina Siti Salmaniah Siregar, M.Si
Penerbit      : Scopindo Media Pustaka, Surabaya
Terbit          : 2021
Halaman     : 146 halaman

*) Penulis Resensi adalah Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara