10 Makanan Yang Wajib Dihindari Apabila Menderita Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Selain itu, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.
Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Selain itu, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

 

MEDAN, kaldera.id – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Selain itu, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Jika seseorang sudah mengetahui ia mengidap atau pernah menderita hipertensi, sebaiknya hindari mengonsumsi berbagai makanan yang bisa menyebabkan hipertensi kambuh.

10 Makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap hipertensi agar tidak kambuh kembali:

1. Acar

Dilansir dari Healthline, acar mengandung natrium yang tinggi, bisa memicu tekanan darah meningkat. Acar sebagian besar diawetkan menggunakan garam yang mengandung natrium. Semakin lama diawetkan, maka semakin tinggi kandungan natriumnya.

2. Sup kalengan

Sup kalengan memang praktis dikonsumsi, namun cukup bahaya bagi penderita hipertensi. Sup kalengan mempunyai kandungan natrium yang tinggi dari kaldu, garam, dan bahan lain yang digunakan untuk mengawetkannya.

3. Produk tomat

Produk tomat seperti saus atau jus tomat memiliki kandungan natrium yang tinggi, sangat bisa sebabkan terjadinya hipertensi.

Sama halnya dengan acar dan sup kalengan, produk turunan tomat mempunyai kandungan natrium yang tinggi.

Produk tomat mengandung natrium yang tinggi dikarenakan dari proses produksinya.

4. Makanan beku

Dikutip dari Web MD, makanan beku mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi. Dua hal itu dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Selain itu, makanan beku biasanya mengandung natrium yang tinggi yang digunakan untuk mengawetkan makanan tersebut.

5. Camilan asin

Camilan asin seperti keripik, popcorn, atau kerupuk juga mengandung natrium yang tinggi, jadi sebaiknya batasi pengonsumsiannya.

6. Roti

Meski rasanya tidak asin, roti dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah karena mengandung garam dan gula yang tinggi. Jadi sebaiknya konsumsi roti gandum yang diketahui rendah garam dan justru dapat meredakan hipertensi.

7. Keju

Kebanyakan keju seperi keju Amerika dan cottage mengandung natrium yang tinggi, lantaran proses pembuatannya yang membutuhkan banyak garam.

Jadi sebaiknya pilih keju yang mempunyai kandungan natrium rendah seperti keju Swiss untuk mencegah hipertensi kambuh kembali.

8. Daging

Jika daging tersebut diolah menjadi produk lanjutan seperti kornet atau sosis, maka kandungan natriumnya akan semakin bertambah banyak.

9. Pizza

Pizza mempunyai kandungan natrium yang tinggi dari bahan-bahan dasar pembuatannya seperti roti sebagai pizzanya itu sendiri, yang kemudian ditambah dengan topping berupa saus tomat, daging, dan keju.

Dari kombinasi berbagai bahan tersebut, akan terjadinya peningkatan tekanan darah secara signifikan.

10. Kafein

Dilansir dari Medical News Today, kafein yang biasanya terkandung di kopi, teh, dan cokelat juga dinilai dapat meningkatkan tekanan darah.

Hal itu karena kafein dapat meningkatkan frekuensi denyut jantung yang bisa sebabkan peningkatkan aliran darah. (kompas)