Site icon Kaldera.id

Inalum dan Komunitas dari Babel Latih Literasi Guru di Toba

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero mendukung peningkatan kapasitas guru di wilayah operasionalnya dengan menggelar pelatihan literasi.(ist)

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero mendukung peningkatan kapasitas guru di wilayah operasionalnya dengan menggelar pelatihan literasi.(ist)

TOBA, kaldera.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) bersama Komunitas Literasi Sekawan Bangka Belitung menyelenggarakan Program Literasi Guru dengan tema “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Kapasitas Guru” di wilayah operasional PT Inalum.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Sere Nauli, Laguboti, Sumatera Utara pada tanggal 23 sampai dengan 25 September 2024 ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Toba dan diikuti 40 peserta dari berbagai jenjang dan wilayah di Kabupaten Toba.

“Pelatihan yang dilaksanakan berkaitan dengan teknik penulisan karya tulis ilmiah dan juga berbagi praktik dalam inovasi pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan materi penguatan komunitas belajar untuk rapor pendidikan,” kata VP CSR PT Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar, dalam siaran pernya, kemarin.

Peserta juga mendapatkan produk berupa kumpulan tulisan ilmiah populer (opini) dan kumpulan pantun karya yang didokumentasikan dalam bentuk buku dan diberikan kepada masing masing peserta yang difasilitasi secara penuh oleh PT Inalum.

Zainuddin Iqbal menyampaikan, program literasi guru yang diinisiasi ini merupakan bagian dari program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) pada bidang pendidikan yang difokuskan pada peningkatan kompetensi guru di sekitar wilayah operasional PLTA PT Inalum.

Zainuddin berharap, melalui kegiatan ini Komunitas Literasi Sekawan dapat mereplikasi dan duplikasi bagi para peserta kegiatan agar saling terkoneksi, sehingga diharapkan dapat dibentuk Komunitas Literasi Sekawan Toba dalam rangka mengubah wajah pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Toba.

“Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi dan sinergi antar anggota dari MIND-ID (Mining Industry Indonesia),” terang Zainuddin.

Ketua pelaksana kegiatan, Derry Nodyanto menyampaikan Program Literasi Guru ini merupakan program yang menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Salah satu peserta, Susanti Sianipar menyampaikan rasa syukur dan bangga dapat menjadi bagian dari program ini.(frozi/rel)

Exit mobile version