Etnis Jawa Sudah Saatnya Tampil di Pilkada Medan

Choking Susilo Sakeh.
Choking Susilo Sakeh.

MEDAN, kaldera.id – Tokoh dari etnis jawa dinilai akan menjadi penetu kemenangan di Pilkada Kota Medan, September mendatang. Eksistensi etnis jawa sudah terbukti menghantarkan kemenangan ditiap pilkada sejak Walikota Medan dijabat Abdillah.

Mengingat, etnis jawa merupakan mayoritas di Kota Medan.

Menurut, Choking Susilo Sakeh yang merupakan salah satu tokoh etnis jawa di Sumut mengungkapkan, sudah saatnya etnis jawa maju sebagai calon Walikota Medan pada Pilkada mendatang.

Hal itu dinilai cukup realistis. Mengingat masyarakat jawa adalah penduduk mayoritas di Medan yang jumlahnya lebih dari 40% dari total keseluruhan penduduk Kota Medan.

“Jumlah massa dan dukungan ini real dan sudah saatnya jawa maju di depan. Tidak lagi dibelakang sebagai penggerak kemenangan. Figur jawa juga banyak yang potensial untuk dimajukan pada Pilkada Medan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Perlu Langkah Berani Untuk Kemajuan Medan

Menurut pria yang sempat menjabat Ketua AJI Medan ini, figur jawa di Medan sangat banyak. Namun, untuk memenuhi kriteria hanya beberapa yang pantas untuk maju.

“Sosoknya harus kompetensi dan mampu membangun harmonitas dengan berbagai organisasi Islam,” tambahnya.

Sejauh ini masih menunggu kepastian maju tidaknya Bobby Nasution pada Pilkada Medan nanti. Apabila Bobby tidak maju, maka figur jawa di Medan akan maju dari salah satu partai besar.

Bila Bobby maju, maka beliau tidak akan menang jika tidak memilih pendamping dari etnis jawa.

“Dari hasil survey internal kami, Bobby Nasution itu paling besar kans nya untuk menang di Pilkada Medan. Kemenangan itu dapat dipastikan jika mayoritas etnis jawa di Medan bulat mendukung penuh Bobby Nasution,” tegasnya. (reza sahab)