Imbas Corona, Sejumlah Rumah Sakit di Medan Buka Pengobatan Online

    Imbas Corona, Sejumlah Rumah Sakit di Medan Buka Pengobatan Online
    Imbas Corona, Sejumlah Rumah Sakit di Medan Buka Pengobatan Online

    MEDAN, kaldera.id – Merasa tidak fit dan curiga COVID-19 tentu kini menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat, apalagi gejalanya juga rada – rada mirip dengan flu biasa.

    Lantaran pemerintah memberlakukan social distancing, tidak sedikit juga yang takut keluar rumah untuk memeriksakan diri ke dokter.

    Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk konsultasi kesehatan mereka secara online terlebih dulu sebelum memutuskan ke rumah sakit.

    Kini ada opsi lain bagi mereka yang memiliki keluhan kesehatan namun enggan keluar ke rumah. Diantaranya, seperti layanan dokter ke rumah yang mempermudah akses kesehatan pasien atau layanan dokter online dari sejumlah rumah sakit.

    Pantauan kaldera.id terhadap beberapa rumah sakit besar di Medan membuka jam praktek dokter secara online. Pasien nanti akan mendaftar kemudian bisa berkonsultasi dengan dokter.

    Hanya saja untuk konsultasi ini hanya pada gejala. Karena dokter tidak bisa langsung memeriksa tubuh pasien. Setelah konsultasi dan dialog, nanti dokter akan meresepkan sejumlah obat.

    Tidak perlu khawatir karena obat akan diantar langsung ke rumah oleh kurir, kemudian membayarnya. Selain itu beberapa pengobatan layanan dokter online24 jam juga bisa dilakukan dari rumah.

    Berikut beberapa alternatif layanan dokter ke rumah 24 jam yang dirangkum.

    Homecare24.id

    Homecare24.id menyediakan berbagai macam layanan homecare dengan layanan kesehatan yang terbaik 24 jam dengan jasa terapis dan alat di mana pun dan kapan pun.

    Layanan ini juga memiliki layanan home visit cegah corona disertai konsultasi dokter langsung ke rumah. Tujuannya adalah pemeriksaan kesehatan tanpa harus ke Rumah Sakit untuk mengurangi resiko penularan Covid-19. Pemeriksaan ini juga disertai dengan layanan Injeksi Vitamin C dan Pemesanan Obat.

    Untuk cara pemesanan, dapat dilakukan melalui Whatsapp dan Fitur Chat pada aplikasi Homecare24 dan customer care akan menghubungi Anda untuk proses lebih lanjut.

    Aido Health

    Aido health adalah aplikasi kesehatan untuk membuat janji dengan dokter, perawat, fisioterapis & rehabilitasi medis datang ke rumah Anda. Dokter, Perawat dan Fisioterapis & Rehabilitasi Medis akan datang ke lokasi dan memberikan layanan lebih lanjut. Aido Health juga dapat mengantar resep obat untuk wilayah se-jabodetabek.

    “Buat saya aido health pasti akan bantu dalam hal menghemat waktu. Karena di tengah-tengah jadwal yang padat ngebayangin berangkat dan antri di RS itu males. Kalo sudah ada aido health saya tinggal pesan lewat aplikasi aja dimanapun saya berada,” ungkap Rani, salah satu penggunanya.

    Medi-Call

    Merupakan penyedia perawatan di rumah  yang dimulai pada tahun 2017 sebagai dokter kunjungan rumah & penyedia perawatan rumah di Bali.  Saat ini, Medi-Call telah melayani pasien di 20 kota di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Depok dan Bekasi dengan layanan 24 jam.

    “Waktu sakit pilek dan batuk berdahak lalu saya coba panggil melalui Medi-Call. Dan setelah dikasih obat, batuk, pilek langsung mereda,” ucap Stephanie salah satu pengguna Medi-Call.

    Halodoc

    Aplikasi  online Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terpadu yang yang memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien. Halodoc juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi dengan dokter melalui beberapa pilihan yakni fitur voice, video call dan chat.

    “Saya gunakan Halodoc karena pelayanannya yang cepat, dokternya juga tanggap dengan keluhan saya. Ini ditambah bayarnya juga pakai asuransi dari kantor jadi efektif banget,” kata Novi kepada CNBC Indonesia.

    Seehat.id

    Seehat.id merupakan aplikasi mobile untuk layanan kesehatan yang berdiri sejak Oktober 2018. Saat ini, Seehat sudah beroperasi di sejumlah kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan.

    Dengan apikasi Seehat Anda juga akan mendapatkan rekam medis dokter yang bisa dilihat kapan saja jika Anda membutuhkan. Untuk panggil dokter ke rumah, Anda harus menuliskan keluhan lewat aplikasi, lalu tentukan waktu pemeriksaan minimal 90 menit dari sekarang dan tentukan lokasi kunjungan dokter yang diinginkan serta pilih dokter terdekat.

    Good Doctor X Grab Health

    Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi bermitra dengan Grab meluncurkan solusi layanan kesehatan digital lengkap dalam satu platform Grab yang disebut GrabHealth powered by Good Doctor.

    Aplikasi ini menyediakan tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional, E-commerce ( perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan & kebugaran serta berbagai konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. (Cnbc/tim)