Aksi Skimming di ATM Marak, Ini Pesan Bank Sumut

Iswanto Darus, Corporate Secretary PT Bank Sumut
Iswanto Darus, Corporate Secretary PT Bank Sumut

 

MEDAN, kaldera.id – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara (Bank Sumut) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM), menyusul maraknya aksi skimming akhir-akhir ini.

Corporate Secretary Bank Sumut Iswanto Darus mengatakan, kasus skimming dapat terjadi dimana saja, oleh karena itu nasabah harus tetap menjaga keamanan ketika bertransaksi di ATM.

“Menyikapi maraknya kasus skimming akhir akhir ini, kamu mengimbau masyarakat berhati-hati saat bertraksaksi di ATM manapun,” ujarnya.

Iswanto menjelaskan melalui metode skimming, Para tersangka mencuri uang nasabah dengan menempelkan alat perekam data serta kamera di mesin ATM untuk mendatapkan pin nasabah.

Data yang didapatkan kemudian dipindahkan ke kartu baru dan digunakan untuk melancarkan aksi kriminal ini. Oleh karena itu pihaknya juga menghimbau nasabah untuk selalu waspada seperti tidak menerima bantuan dari orang yang tidak dikenal saat bertransaksi di ATM, ataupun mewaspadai pengumuman palsu seperti call center palsu yang menggunakan nomor biasa yang mengatasnamakan call center Bank Sumut.

Ia mengungkapkan, Bank Sumut juga selalu mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh nasabah agar selalu berhati-hati dan tidak memberitahu informasi pribadi kepada siapapun baik berupa pin atau data pribadi lainnya. “Apabila terjadi kecurigaan, nasabah diimbau untuk melapor kepada customer service Bank Sumut atau call center resmi di 14002,” kata Iswanto lagi.(rel)