Site icon Kaldera.id

KHAS, Cara Masyarakat Dapatkan Sertifikat Halal Gratis

Walikota Medan, Bobby Nasution saat mencicipi salah satu kuliner khas Medan

Walikota Medan, Bobby Nasution saat mencicipi salah satu kuliner khas Medan

 

MEDAN, kaldera.id – Kota Medan menjadi kota pertama yang menggratiskan pengurusan sertifikat halal bagi pelaku UMKM. Diharapkan, upaya tersebut dapat mendorong para pelaku UMKM di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini untuk segera mengurus sertifikat halal usahanya masing-masing, terutama di bidang kuliner.

Hal ini terungkap saat Walikota Medan, Bobby Nasution membuka Pekan Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS) yang digelar di Jalan Masjid Raya Medan, Kamis (24/11/2022) petang. Oleh karenanya, Bobby mendorong pelaku usaha yang baru memulai atau merintis usahanya untuk segera mengurus sertifikat halal selama di acara yang akan berlangsung hingga 27 November mendatang tersebut.

“Karena kegiatan ini menghadirkan pelaku usaha di bidang kuliner, maka kita memahami bahwa hal yang paling penting, bahkan jadi yang paling sulit biasanya adalah mendapatkan pengakuan melalui sertifikat halal. Sebab, selain pengujiannya yang ketat, biayanya juga mahal. Nah, ini bisa jadi kesempatan buat yang ingin mengurus sertifikat halalnya, ” kata Bobby Nasution.

Dijelaskannya, label halal juga jadi salah satu syarat bagi UMKM untuk dapat masuk ke e-katalog Pemko Medan. “Jadi, saat ini, setiap belanja makan dan minum di lingkungan Pemko Medan kami sudah menggunakan produk UMKM, ” terangnya.(reza)

Exit mobile version