5 Tips Jitu Liburan Hemat Agar Tak Bikin Kantong Bolong

Tips Liburan Hemat. (Ilustrasi/Shutterstock)
Tips Liburan Hemat. (Ilustrasi/Shutterstock)

Semua orang pasti menginginkan liburan yang menyenangkan, di dalam maupun di luar negeri. Menikmati waktu bersama dengan teman-teman, keluarga, bahkan pasangan Anda.

Liburan tak melulu soal bepergian jauh untuk menghilangkan rasa penat dari aktivitas keseharian yang mendera seseorang. Berlibur nampaknya menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi, karena menikmati masa liburan obat tersendiri bagi mereka yang bosan dengan kegiatan rutin mereka.

Anda harus pintar-pintar mengatur dana sekaligus menyusun rencana perjalanan liburan Anda secara matang.

Agar tak bikin kantong bolong, berikut ini 5 tips jitu untuk liburan hemat yang bisa diterapkan :

1. Rencanakan Liburan yang Diinginkan

Tips Liburan Hemat. (Ilustrasi/Shutterstock)
Tips Liburan Hemat. (Ilustrasi/Shutterstock)

Sebelum Anda memulai liburan Anda, sebaiknya Anda rencanakan dulu kemana, kapan, dengan siapa, berapa lama. Jika Anda sudah tahu lokasi liburan yang akan dituju sebaiknya Anda juga mencari tahu wisata apa saja yang terdapat disana.
Jangan lupa, Anda juga perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda juga perlu mencari tahu mengenai kuliner yang ada di lokasi tertuju.
Dan susun rencana perjalan Anda dari hari pertama sampai hari terakhir, manfaatkan semaksimal mungkin perjalanan Anda.

2. Persiapkan Akomodasi

Pilihlah penginapan yang nyaman dan sesuaikan dengan budget Anda. Sudah banyak pemesanan hotel secara online, dari aplikasi tersebut terdapat foto kamar, lokasi serta alamat, review orang-orang yang pernah singgah di penginapan tersebut, dan harganya pun sudah tertera.

Pilihlah penginapan yang tak jauh dari pusat kota dan dekat dengan lokasi transportasi umum. Agar memudahkan Anda untuk berwisata.

Cari di beberapa website berbeda, temukan harga yang sesuai dengan liburan hemat Anda, dan jangan lupa kenyamanan yang sesuai dengan Anda. Tak lupa manfaatkan promosi untuk memotong biaya.

3. Hindari Tanggal Merah

Jika ingin liburan hemat, Anda harus menghindari high season. Karena tiket perjalanan dan hotel akan lebih mahal dibanding hari biasa.

Dan biasanya di masa-masa liburan, tempat wisata pun akan lebih penuh. Sehingga Anda beresiko kurang menikmati perjalanan Anda.

4. Cari Tiket Promo

Ilustrasi pesan tiket pesawat. (iStockphoto)
Ilustrasi pesan tiket pesawat. (iStockphoto)

Jangan lupa manfaatkan promo tiket dan travel fair. Harga tiket perjalanan bisa jauh lebih murah, sehingga pengeluaran untuk tiket perjalanan dapat Anda alokasikan ke bagian yang lainnya.

Tak ada salahnya membeli tiket setahun sebelum perjalanan liburan Anda karena bisanya tiket tersebut akan lebih murah. Dan untungnya bagi Anda, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari tahu lokasi wisata dan kuliner di tempat tertuju.

5. Gunakan Transportasi Umum

Ilustrasi (Pexels)
Ilustrasi (Pexels)

Manfaatkan transportasi umum seperti kereta, bus, atau pun transportasi umum lainnya yang terdapat pada lokasi tersebut.

Karena Anda melakukan liburan hemat, sebisa mungkin hindari penggunaan taksi karena harga yang ditawarkan akan lebih mahal dibandingkan kereta ataupun bus.

Sebelumnya, Anda mencari tahu dulu rute dan transportasi apa saja yang harus Anda gunakan untuk menuju tempat wisata yang dituju sebisa mungkin Anda catat agar memudahkan selama perjalanan liburan hemat Anda.

Siapa bilang liburan hemat itu tidak mungkin dan tidak menyenangkan? Anda bisa kok menikmati liburan hemat asalkan Anda mengikuti tips-tips di atas. Dan semua terencana dengan matang.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk rencana liburan Anda! (riza r)