Gempa Bumi M7.3 Di Mentawai Sumbar Berpotensi Tsunami

BMKG menyatakan gempa bumi berkekuatan Magnitude (M)7.3 yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), berpotensi tsunami.
BMKG menyatakan gempa bumi berkekuatan Magnitude (M)7.3 yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), berpotensi tsunami.

 

MEDAN, kaldera.id – BMKG menyatakan gempa bumi berkekuatan Magnitude (M)7.3 yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), berpotensi tsunami.

Bahkan, kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, pihaknya mencatat telah terjadi tsunami sebesar 11 Cm di wilayah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara.

“Berdasarkan hasil pengamatan tinggi muka laut, tercatat ketinggian tsunami di lokasi TG Tanah Bala pada pukul 03:17 WIB dengan ketinggian tsunami 11 cm,” kata Daryono kepada awak media, Jakarta, Selasa (25/4/2023).

Daryono melanjutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Adapun, dampak gempa bumi itu dirasakan di daerah Siberut, Mentawai dengan skala intensitas VI MMI, daerah Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang dengan skala intensitas V MMI. (okezone)