FKUB Medan dan RMB UINSU Lokalatih Mediator Konflik SARA

Forum kerukunan umat Beragama (FKUB) Kota Medan bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama (RMB) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar lokalatih mediator konflik suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) 15 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023 di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Medan.
Forum kerukunan umat Beragama (FKUB) Kota Medan bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama (RMB) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar lokalatih mediator konflik suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) 15 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023 di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Medan.

 

MEDAN, kaldera.id – Forum kerukunan umat Beragama (FKUB) Kota Medan bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama (RMB) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar lokalatih mediator konflik suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) 15 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023 di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Medan.

Peserta lokalatih di bagi dua angkatan. jumlah peserta setiap angkatan sebanyak 32 orang. Peserta merupakan utusan dari 21 kecamatan di Kota Medan dan Majelis Keagamaan yaitu FKUB Medan, MUI Kota Medan, Keuskupan Agung Medan, PGI, Majelis Agama Budha, Hindu dan Konghucu.

Hadir sebagai narasumber dari berbagai kalangan, yaitu Dr. Phil Zainul Fuad, MA, Dr. Irwansyah M.Ag, Ferry Ira Padang dari Aliansi Sumut Bersatu, RP. Alexander Silaen OFM CAP, Drs. Burhanuddin Damanik, MA, M Kalidasen, H.M Damri Tambunan, S.Ag, SPd.I, JS Alwin dan Pdt Erwin Tambunan.

Peserta juga diajak berkunjung ke Indonesia Theravada Buddhist Centre untuk berdialog langsung dengan Banthe yang mengabdikan dirinya di vihara.

Ketua FKUB Kota Medan, Muhammad Yasir Tanjung, mengatakan bahwa kegiatan lokalatih ini bisa bermanfaat buat para peserta dan diaplikasikan di tengah masyarakat.

“Untuk pengurus FKUB dan tokoh agama dari setiap lingkungan, kecamatan dan kelurahan bisa menjadi pihak ketiga mediator yang membantu proses perundingan para pihak yang sedang berkonflik, menemukan penyelesaian yang memuaskan dan berkeadilan,” tukasnya.

Selanjutnya Yasir juga mengapresiasi RMB UINSU Medan sebagai fasilitator kegiatan. “Kerjasama yang bagus, mudah-mudahan bisa terus dilanjutkan sampai nanti kedepannya dalam hal merawat kerukunan beragama,” ungkapnya.

Ketua RMB UINSU Dr. Phil Zainul Fuad, MA memberikan harapan kepada seluruh peserta lokalatih mediator konflik SARA yang dilaksanakan ini seyogyanya menjadi mediator-mediator yang profesional dalam mewujudkan kerukunan antar agama di Kota medan.

Hayatul Fadilah yang merupakan peserta lokalatih menyebut banyak sekali wawasan yang diberikan narasumber. Teknik mediasi ini sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat. “Saya akan melakukan latihan di rumah yang telah saya dapatkan di sini. Lokalatih ini membuat saya terkesan,” sambungnya.

Sebagai fasilitator kegiatan lokalatih mediator konflik SARA dari Rumah Moderasi Agama UINSU merupakan Dosen UIN Sumatera Utara Medan, yaitu Rholand Muary, M.Si dan Aulia Kamal, M.Si. Kemudian, bersama Muhammad Jailani, MA, Dr. Indira Fatra Deni P, MA, Nanda Ahmed Desky, MS.i, Reni Ria Armayani Hasibuan, M.E.I dan Suryanto, S.Sos.I.(efri s/red)