Site icon Kaldera.id

Kadisnaker Sumut: Deindustrialisasi jadi Tantangan Mahasiswa

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara DR. Drs. Ismael P. Sinaga, M.Si mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi era deindustrialisasi saat ini.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara DR. Drs. Ismael P. Sinaga, M.Si mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi era deindustrialisasi saat ini.

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara DR. Drs. Ismael P. Sinaga, M.Si mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi era deindustrialisasi saat ini.

Hal tersebut disampaikan Kadisnaker Provinsi Sumatera Utara ketika menjadi nara sumber dalam Seminar Interaktif yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip USU di Auditorium Fisip USU Senin (30/9/2024).

Deindustrialisasi dapat digambarkan sebagai suatu kondisi dimana industri tidak dapat lagi berperan sebagai basis pendorong utama perekonomian suatu negara.

Dalam kesempatan tersebut, Ismael Sinaga yang juga Pjs. Walikota Gunung Sitoli menjelaskan tantangan besar yang akan dihadapi mahasiswa. Diantara tantangan tersebut adalah pekerjaan manusia yang saat ini banyak digantikan oleh mesin serta tantangan Investasi yang butuh keamanan dan kepastian untuk bisa berkembang di negara kita.

Ismael Sinaga mengingatkan agar mahasiswa dapat menghadapi tantangan tersebut dengan bersikap profesional sesuai perannya masing-masing, produktif, memiliki semangat juang yang tinggi serta survive dalam menghadapi tantangan.

Wakil Dekan I Fisip USU Husni Thamrin, S.Sos, MSP dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan seminar dan lomba penulisan essay yang diselenggarakan IMIKS. Menurut Thamrin, diskusi seperti ini harus tetap dilestarikan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa. Thamrin juga berpesan agar mahasiswa mempersiapkan diri dalam menghadapi era deindustrialisasi.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan dialog interaktif bersama nara sumber Indra Prawira, ST, MM, (Wakil Ketua Umum KADIN Sumatera Utara), Novita Sari, S.Sos. M. Kesos (Dosen Fisip USU) dan Azhar Hakimi, ST (Kasi K3 UPT IV Disnaker Provsu).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Najwah Ananda Hakimi menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini merupakan rangkaian dari lomba essay nasional yang diikuti oleh 249 peserta dari kampus USU, ITB, UI, UGM, UNPAD dan kampus lain. Najwah menambahkan di akhir acara seminar akan diumumkan pemenang lomba penulisan essay sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. Najwah menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan tersebut.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Fajar Utama Ritonga, M.Kesos selaku Sekretaris Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Felix Timothy (Ketua Umum IMIKS) beserta seluruh pengurus IMIKS. Seminar tersebut dihadiri oleh 200 orang peserta baik yang hadir langsung maupun melalui daring. (reza sahab)

Exit mobile version