Garuda Plaza Hotel Pastikan Tutup per 1 April

Garuda Plaza Hotel, Jl. Sisingamangaraja No. 18 Medan.
Garuda Plaza Hotel, Jl. Sisingamangaraja No. 18 Medan.

MEDAN, kaldera.id- Salah satu hotel terbesar dan punya sejarah sebagai kebanggaan Medan dan Sumatera Utara yang dirintis pengusaha lokal HM Arbie akhirnya menyatakan diri untuk menghentikan operasional per 1 April 2020.

Keputusan berat itu diambil pengelola yang akan diumumkan oleh General manager Garuda Plaza Hotel Agus Widiasmoro, Sabtu (28/3/2020) malam yang diterima kaldera.id melalui flyer pengumuman bewarna ungu khas Garuda Plaza Hotel.

Berikut isi resmi pengumuman tersebut: Sehubungan dengan arahan dari Gubernut Sumatera Utara No. 440/2666/2020 dengan Surat Walikota Medan No. 440/2738. Dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 yang mana hal tersebut berdampak sangat buruk kepada kelancaran usaha perhotelan dengan ini diputuskan bahwa Garuda Plaza Hotel Medan melakukan penutupan sementara operasional hotel berikut restaurant dan bar-nya. Terhitung tanggal 1 April 2020 sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut.

BACA JUGA :  Medan Zoo Buka Perdana, Bobby Berikan Bantuan

Informasi mengejutkan itu diketahui langsung GM GPH Agus Widiasmoro yang tertulis di bawah pemberitahuan berlatar warna ungu. Berdasarkan informasi keputusan menutup operasional itu juga karena drop nya bisnis hotel dan usaha pariwisata akibat dihantam virus covid-19 atau corona yang kian tak terkendali.

Keputusan menutup usaha itu kemudian disambut dengan rasa sedih dan haru oleh banyak stakeholder yang sudah mengenal Garuda Plaza Hotel selama ini. Sebelumnya Ketua IHGMA Achmad Zulham mengakui buruknya kondisi bisnis.

Berbagai biaya operasional baik itu fix cost maupun variable cost masih harus ditanggung pihak hotel sementara cash flow sudah terganggu akibat tingkat hunian sudah di bawah 20 persen.(armin nasution)