Kapus Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Ini Ditutup

Virus Corona/Covid-19 (Ilustrasi).
Virus Corona/Covid-19 (Ilustrasi).

MEDAN, kaldera.id – Puskemas PB Selayang II dan Puskesmas Kota Matsum ditutup sementara setelah kepala puskesmas keduanya positif terinfeksi Covid-19. Pelayanan kedua puskesmas itu pun dialihkan.

Pelayanan Puskesmas PB Selayang II dialihkan ke Puskesmas Padang Bulan, Jalan Jamin Ginting, sekitar Pajak USU, terhitung mulai 26 Mei hingga 11 Juni 2020. Sedangkan untuk Puskesmas Kota Matsum ditutup mulai besok, 27 Mei hingga 12 Juni 2020. Pelayanan dialihkan ke Puskesmas Medan Area Selatan dan Puskesmas Sukaramai.

Keterangan yang dihimpun, jika Kepala Puskesmas Kota Matsum positif Covid-19. “Hasilnya sudah keluar 20 Mei lalu dan beliau sudah dikarantina di rumah sakit. Pegawai di puskesmas juga sudah menjalani pengambilan swab, begitu juga dengan pihak kelurahan dan kecamatan,” ungkap sumber.

Kepala Bagian Humas Pemkot Medan Arrahman Pane membenarkan penutupan tersebut. Namun, penutupan dan pengalihan layanan hanya pada Puskesmas Padang Bulan Selayang II saja. “Kita masih dapat info satu puskesmas, yakni di PB Selayang yang dialihkan ke Puskesmas Padang Bulan Jalan Jamin Ginting. (Penutupan) karena ada yang positif, kepala puskesmasnya. Ada dua yang positif, kepala puskesmas dan anak pegawai,” ungkap Arrahman, Rabu (27/5/2020).

BACA JUGA :  Tenaga Medis RS Herna Dirumahkan

Soal Puskesmas Kota Matsum, dirinya belum menerima kabar yang sama. Begitu juga dengan penutupan pelayanan, akibat kepala puskesmas dinyatakan positif. “Kalau itu (penutupan Puskesmas Kota Matsum) belum dapat info. Nanti saya informasikan lagi,” sebutnya.

Setelah pengalihan pelayanan kedua puskesmas tersebut, langkah sterilisasi pun segera dilakukan. Langkah ini harus glsegera dilakukan guna memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Kita alihkan dulu, kemudian sterilisasi lokasi. Untuk rapid test nanti Dinas Kesehatan yang melakukan,” pungkasnya. (haris)