Kuliah Online, Ini Cara Buat Google Classroom

Kuliah Online, Ini Cara Buat Google Classroom
Kuliah Online, Ini Cara Buat Google Classroom

MEDAN, kaldera.id – Sejumlah kampus mulai menerapkan sistem kuliah online pasca himbauan pemerintah antisipasi virus corona (covid 19). Selain e-learning yang disediakan kampus, belajar jarak jauh bisa juga dilakukan lewat google classroom atau aplikasi sejenis seperti edmodo. Apa itu google classroom?

Dilansir dari laman google, Selasa (17/3/2020), Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksud untuk menemukan jalan keluar atau kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolongkan setiap penugasan tanpa kertas.

Pembuatan dan pemberian tugas bisa dilakukan penyelesaiannya melewati google drive sambil menggunakan gmail untuk membuat pemberitahuan diruang kelas google.

Penyampaian kabar melalui gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada siswa dalam kelas belajar masing-masing.

BACA JUGA :  Sepi Order, AMAN Curhat ke Bupati Asahan

Sebagai salah satu pengajar, hal pertama yang harus dilakukan di classroom adalah membuat kelas untuk setiap kelas yang akan diajar.

Berikut langkah-langkah pembuatan kelas :

1. Buka classroom.google.com .
2. Dihalaman kelas, klik Tambahkan + > buat kelas.
3. Masukkan nama kelas.
4. Untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas atau jadwal kelas, klik Bagian dan masukkan detailnya.
5. Untuk menambahkan mata pelajaran, klik Mata Pelajaran lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika memasukkan teks.
6. Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruangan dan masukkan detailnya.
7. Klik Buat .

Langkah berikutnya : saat anda membuat kelas, classroom akan membuat kode kelas secara otomatis. Gunakan kode ini untuk mengundang siswa ke kelas. Anda dapat melihat kode kelas setiap saat dihalaman forum. Selamat mencoba. Jangan panik, tetap waspada corona. (silvia marissa)