Menuju New Normal, Simulasi Protokol Kesehatan Dilakukan

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat Rapat Operasi Pendisiplinan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Wilayah Kodim 0201/BS bertempat di Aula Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan No 8 Medan, Rabu (3/6/2020).
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat Rapat Operasi Pendisiplinan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Wilayah Kodim 0201/BS bertempat di Aula Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan No 8 Medan, Rabu (3/6/2020).

MEDAN,kaldera.id – Meskipun belum memasuki new normal, Pemko Medan segala sesuatunya menghadapi situasi tersebut. Persiapan dilakukan dari segi infrastruktur, kultur maupun masyarakat.

“Kunci dari semua ini adalah seluruh masyarakat Kota Medan sadar dan disiplin akan pentingnya menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan lainnya,” tegas Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat Rapat Operasi Pendisiplinan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Wilayah Kodim 0201/BS dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di Aula Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan No 8 Medan, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskannya, kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Medan dari 4 hari yang lalu dari 30 Mei sampai 2 Juni, jumlah positif Covid-19 tidak bertambah.

Apabila situasi seperti ini, maka Kota Medan siap memasuki new normal. Untuk para pelaku usaha, Akhyar mengimbau agar mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti yang telah diputuskan oleh Kementerian Kesehatan.

“Pemko Medan memberikan imbauan agar para pelaku usaha untuk mengikuti protokol kesehatan. Pemko Medan juga sedang merevisi Perwal Kota Medan terkait protokol kesehatan,” ungkap Akhyar.

Dandim 0201/BS Medan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S Sos menjelaskan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Perwal No 11/2020 tentang karantina kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut Dandim menyampaikan paparan mengenai operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah Kodim 0201/BS dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19.

Salah satu langkah yang akan diambil yaitu membuat simulasi protokol kesehatan di tempat usaha dengan menempatkan petugas.

Hal ini bertujuan untuk mengingatkan para pelaku usaha agar menerapkan protokol kesehatan ditempat usahanya begitu pula terhadap para pengunjung yang datang.

“Nantinya jajaran Kodim bersama Polri dan Pemda akan berpatroli mengingatkan para pelaku usaha dan pengunjung yang ingin berbelanja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan misalnya melakukan pengukuran suhu dengan thermo gun, mencuci tangan, dan wajib menggunakan masker,” jelas Dandim.(reza sahab)