Baru 8 Persen Warga Sumut Isi Sensus Online

Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi. (ft : antara)
Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi. (ft : antara)

MEDAN, kaldera.id- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan baru sekitar 8 persen dari jumlah penduduk atau 83 ribu kepala keluarga yang melakukan Sensus Penduduk (SP) secara daring/online.

“BPS berharap tetap bisa mencapai target 20 persen SP online. Apalagi banyak relawan yang menyatakan kesediaan membantu terselenggaranya sensus dengan cara online itu,” ujar Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Senin (2/3/2020).

Dari 83 ribu kepala keluarga yang melakukan SP online, masih sekitar 60 ribu data yang diisi secara benar. Syech menyebutkan, warga yang paling banyak mengisi sensus secara online itu antara lain Dairi dan Kota Medan.

“BPS memberi apresiasi kepada relawan seperti dari mahasiswa UMSU ( Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara ) dan USU (Universitas Sumatera Utara) yang membantu mengedukasi masyarakat serta warga yang memiliki kesadaran mengisi SP online,” terang Syech.

Salah satu kelompok pekerja yang banyak menjalankan SP online di Medan adalah Kantor Bank Indonesia (BI) Medan. “Bagi yang belum melakukan sensus online, maka BPS akan melakukan sensus secara door to door,” lanjutnya. (antaranews/finta rahyuni)