Sumbangan Terbesar Masyarakat Adalah Menggunakan Masker

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Covid-19.
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Covid-19.

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution menyatakan sumbangsih terbesar yang dapat dilakukan seluruh rakyat Indonesia khususnya warga Kota Medan adalah dengan mengikuti protokoler kesehatan dimasa pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda Kota Medan.

Salah satunya dengan menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini disampaikan Akhyar pada acara penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Covid-19.

Bantuan ini diprakarsai oleh Masyarakat Tionghoa Sumut (Mitsu) dan DPD Mahasiswa Pancasila (Mapancas) Kota Medan di Gereja HKBP Ampera Jalan Danau Jempang Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, Rabu (22/4/2020).

Adapun paket sembako yang disumbangkan sebanyak 20.000 paket untuk 100 Kelurahan di Kota Medan. Dalam kesempatan itu, Akhyar mengatakan, masyarakat mempunyai peran penting dalam penanganan pandemi ini.

Selain disiplin menjalani imbauan dari pemerintah, peran yang bisa dilakukan dengan tetap mengenakan masker ketika ke luar rumah.

“Sumbangan itu ada batasnya. Jadi, tidak selamanya bisa kita harapkan karena itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 gunakanlah masker. Dengan menggunakan masker bapak dan ibu telah membantu untuk memutus mata rantai penyebarannya,” kata Akhyar.

Disamping itu Akhyar juga meyakini masker dapat menghambat penyebaran Covid-19 karena salah satu media penularan virus ini melalui air liur sehingga menggunakan masker dan menjaga jarak sangat membantu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sembari juga rutin mencuci tangan.

“Jadi bila kita menggunakan masker pertama kita menyelamatkan diri sendiri dan kemudian kita menyelamatkan orang lain. Semakin kita tidak disiplin maka pandemi ini akan semakin terus berkepanjangan,” jelas Akhyar.(reza sahab)