Site icon Kaldera.id

Jelang Lebaran, Kapolda Dorong Tingkatkan Kamtibmas

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin

MEDAN, kaldera.id – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin dorong seluruh jajarannya tingkatkan patroli menjelang perayaan Idul Fitri hingga ke lini terkecil. Ia pun berharap agar sistem keamanan lingkungan (Siskamling) kembali digalakkan.

Patroli bisa dilakukan bersama dengan perangkat desa, TNI dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan. “Patroli dapat mencegah orang yang ingin berbuat kriminal. Kamtibmas yang aman, akan membuat masyarakat nyaman,” katanya Selasa (19/5/2020).

Martuani pun mengimbau masyarakat untuk kembali mengaktifkan siskamling di setiap lingkungan. Namun, bila menemukan pelaku kejahatan jangan main hakim sendiri, tapi pelakunya diamankan dan dilaporkan pada petugas. “Marilah kita bijak, jangan main hakim sendiri. Kita punya hukum, biarkan petugas yang memprosesnya. Nanti pengadilan yang akan membuktikan seseorang bersalah atau tidak,” ucapnya.

Jenderal bintang dua tersebut juga menghimbau, agar masyarakat mematuhi aturan dan himbauan pemerintah. Salah satunya bersama memutus penyebaran wabah Covid-19, dengan menjaga kebersihan dan selalu menerapkan sosial distancing.

Mengingat lebaran tahun ini sangat berbeda, ia mengajak agar masyarakat bijak dalam bertindak. Lanjut Martuani, mari kita sayangi diri dan keluarga kita agar tidak terpapar penyakit. “Kalau tidak penting jangan keluar, sebaiknya di rumah. Dan kalau keluar selalu gunakan masker dan alat pelindung diri,” pungkas mantan Kapolda Papua itu. (Haris)

Exit mobile version