Bupati Batubara Canangkan Lima Prioritas Tingkatkan IPM

Bupati Batubara, Zahir saat Musrenbang RKPD Kabupaten Batubara.
Bupati Batubara, Zahir saat Musrenbang RKPD Kabupaten Batubara.

MEDAN,kaldera.id – Bupati Batubara, Zahir mengungkapkan, ada lima prioritas pembangunan Kabupaten Batubara ke depan. Pertama, peningkatan kualitas SDM melalui pemenuhan kualitas pelayanan dasar yang merata.

Kedua, pembangunan infrastruktur berkelanjutan melalui penguatan konektivitas antar wilayah dan pusat-pusat produksi guna mendukung proyek strategis nasional.

Lalu penguatan sektor industri, agraris, pariwisata dan ekonomi kreatif melalui peningkatan nilai tambah, kesempatan kerja dan berusaha.

Kemudian, peningkatan kualitas lingkungan hidup, ketahanan pangan, energi dan peningkatan tata kelola pemerintahan serta penegakan hukum.

“Sedangkan yang kelima adalah pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi,” ungkapnya dalam sebuah kesempatan belum lama ini.

Dia berharap melalui lima prioritas utama ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka pengangguran terbuka.

“Melalui lima program ini bisa meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) serta menurunkan koefisien gini ratio,” ucapnya.

Untuk itulah dirinya meminta seluruh pimpinan OPD agar berpartisipasi aktif dan mampu berpikir jernih serta jauh ke depan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing -masing. Tujuannya agar dapat memberikan masukan-masukan yang menyeluruh, terintegrasi dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Dalam kesempatan itu dirinya juga mengaku sangat prihatin terhadap situasi pandemi Covid-19 saat ini. Pihaknya terus berupaya mengatasi pandemi ini.(reza sahab)