Warga Villa Patumbak Permai Sembelih Hewan Kurban

DELI SERDANG, kaldera.id – Warga Komplek Villa Patumbak Permai (VPP) Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang kembali melaksanakan kurban pada Idul Adha 1441 H/2020.

Adapun sebanyak lima ekor hewan kurban, terdiri dari dua ekor sapi dan tiga ekor kambing disembelih usai Salat Idul Adha di lingkungan komplek tersebut.

Ketua Panitia Kurban VPP, Ardanik didampingi Bendahara Zakaria dan Koordinator Lapangan, Rizal mengatakan, lima ekor hewan kurban yang kali ini disembelih merupakan hasil kurban warga komplek VPP. Pihaknya mengucapkan terimakasih atas niat para warga yang telah menyisikan rezeki untuk berkurban tahun ini.

“Semoga kebaikan hati bapak dan ibu warga Villa Patumbak Permai dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Diluaskan rezeki dan semakin diberkahi kehidupanya,” katanya.

Setelah penyembelihan selesai, kata Ardanik, daging kurban akan dibagikan kepada seluruh warga komplek VPP baik yang muslim dan nonmuslim.

“Pada tahun ini kami mendata ada 120 rumah sebagai penerima daging kurban. Baik muslim dan nonmuslim akan kami bagikan semua daging kurbannya. Insyaallah bermanfaat dan berkah bagi warga yang menerima,” katanya.

Berkurban Bukti Keimanan

Sebelumnya saat Salat Idul Adha, Ustadz Rahmat Ibrahim Harahap, SHI bertindak sebagai imam sekaligus khatib. Dalam khutbahnya, Ustadz Rahmat menekankan esensi Idul Adha berdasarkan cerita dua nabi umat Islam yakni Ibrahim dan Ismail.

Menurutnya takdir yang Allah SWT gariskan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail, mengajarkan banyak hal bagi umat Islam terutama dalam hidup ini harus saling berbagi dan berkorban.

“Allah SWT sengaja mendokumentasikan kisah Nabi Ibrahim Alaisallam ini dalam Alquran, agar kita sebagai umatnya tidak lupa menyisihkan rezeki setiap tahun saat Idul Adha. Sekiranya rezeki yang kita miliki senantiasa dikeluarkan pada jalan Allah SWT, dan salah satunya melalui berkurban,” katanya.

Begitupun terhadap orang-orang yang diberikan jabatan di dunia, kata Ustadz Rahmat, haruslah senantiasa mempergunakan jabatannya itu sebagai ladang rezeki dan pahala yang baik untuk membantu sesama.

Sebab, jabatan di dunia hanya bersifat sementara. Keihlasan dan pengorbanan Nabi Ibrahim tersebut diharapkannya dapat menjadi pelajaran hidup yang harus diamalkan bagi segenap umat muslim di dunia.

Sekadar Informasi, adapun pada Iduladha tahun lalu, Komplek VPP menyembelih empat ekor hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan satu ekor kambing.(rel)