Arah Pembangunan Kota Medan Tidak Tertumpu Hanya Pembangunan Fisik Semata, SDM Juga Perlu

Anggota DPRD Medan dari Fraksi Gabungan, Erwin Siahaan
Anggota DPRD Medan dari Fraksi Gabungan, Erwin Siahaan

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Medan dari Fraksi Gabungan, Erwin Siahaan mengungkapkan, program pembangunan Kota Medan tidak tertumpu pada pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan manusia melalui peningkatan Sumber Daya Manusis (SDM).

Sehingga, memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan pembangunan yang merata.

Erwin menjelaskan, seiring visi Walikota Medan menjadikan terwujudnya masyarakat Kota Medan yang berkah maju dan kondusif harus diimplementasikan dan diaktuliasasikan dengan upaya maksimal. Diketahui bahwa RPJMD Kota Medan 2021-2026 merupakan arah pembangunan yang ingin dicapai.

“Kalau Medan sudah berkah itu bermakna selalu bertambahnya kebaikan yang dilaksanakan, baik pemerintah maupun masyarakatnya. Kebaikan pada sisi pembangunan, pelayanan publik dan kesejahteraan sosial, kebaikan budaya, pendidikan dan kesehatan. Sehingga kebaikan itu menjadi indikator rakyat Kota Medan maju, sejahtera dan makmur,” ungkapnya.

Ditambahkan Erwin Siahaan, perubahan RPJMD 2021-2026 ini merupakan dokumen resmi daerah yang diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat Kota Medan.

Perubahan RPJMD ini juga berfungsi sebagai pedoman bagi perangkat daerah dalam menyusun kebijakan, perencanaan dan program strategis pembangunan.

Untuk itu, guna mewujudkan keberhasilan pembangunan, maka sinergitas antara pemangku kepentingan dengan seluruh komponen rakyat Kota Medan sangat penting.

Sebab, pembangunan hakikatnya adalah tanggungjawab bersama, karena itu pula kolaborasi antara pemerintah dan rakyat sangat dibutuhkan.

Sekaitan dengan itu, langkah dan upaya yang harus dilakukan pemerintah daerah adalah mempersiapkan kemampuan daerah yang kompeten dan berdaya saing.

Kemampuan masyarakat yang handal, mempersiapkan prasarana dan sarana serta utulitas daerah agar mampu bersaing menghadapi perkembangan globalisasi, teknologi informasi.

“Masyarakatnya pun berkualitas dan mampu menciptakan ide dan kreativitas dalam menggerakkan perekonomian,” katanya.(reza)