Biar Lebih Paham, Siswa SMA Dilibatkan Klinis Hukum

MEDAN, kaldera.id – Kajari Belawan, Ikeu Bahtiar menyiapkan klinis hukum sebagai program unggulan di 2020. Untuk melancarkan program tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumut.

Klinis hukum ini melibatkan siswa SMA yang nantinya diberi pemahaman tentang proses hukum, termasuk hukum positif di Indonesia.

Klinis hukum ini biasanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi.

“Dengan lebih memahami hukum, siswa SMA akan mengetahui lebih jauh tentang masalah hukum sehingga terhindar dari perbuatan melanggar hukum seperti narkoba,” ungkapnya saat bertemu dengan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution di Rumah Dinas Walikota Medan, Rabu (22/1/2020).

Dia juga berharap program ini menjadi motivasi bagi para siswa yang ingin nantinya menjadi jaksa, hakim atau penegak hukum lainnya.

Sementara itu, Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution sangat mengapresiasi dan dukungan penuh atas program klinis hukum yang akan dilaksanakan Kejari Belawan. Diharapkannya, program ini dapat membentengi generasi muda, terutama pelajar SMA agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

“Kami siap mendukungnya,” ungkapnya. (reza sahab)