Medan Bebas Sampah Dimulai Dari Belawan

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengungkapkan, peringatan Hari Peduli Sampah ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran dan semangat membebaskan Medan dari sampah.
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengungkapkan, peringatan Hari Peduli Sampah ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran dan semangat membebaskan Medan dari sampah.

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan menggelar aksi bersih-bersih di Belawan, Kamis (27/2/2020). Aksi ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Belawan bersih sampah. Ada 4 lokasi yang menjadi objek pembersihan. Jalan Serma Hanafiah, Jalan Kampar I, Jalan Kampar II dan Jalan Rokan.

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengungkapkan, peringatan Hari Peduli Sampah ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran dan semangat membebaskan Medan dari sampah. Hal ini guna mewujudkan ibukota Provinsi Sumut menjadi lebih bersih dan indah ke depannya.

“Dengan aksi bersih-bersih ini, mari kita jadikan Belawan bersih sampah. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah mendukung aksi bersih-bersih ini guna membebaskan Belawan dari sampah,” kata Akhyar.

Sementara itu, Danyon Marhanlan I Belawan Mayor Marinir Farick menyatakan, pihaknya mendukung penuh program Pemko Medan untuk membuat Belawan bebas sampah. “Kita siap mendukung dan bekerja sama dengan Pemko Medan untuk mewujudkan Medan yang bersih, terutama kawasan Belawan,” tegas Farick.

BACA JUGA :  Medan Mall Disewakan, Harganya Rp18,1 Miliar

Kadis DKP Kota Medan, M Husni menjelaskan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional diharapkan dapat menjadi momentum untuk membangkit rasa kepedulian dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk membebaskan Medan dari sampah. Husni mengungkapkan, sampah masih menjadi persoalan di Kota Medan.

“Untuk mengatasi masalah sampah ini, tentunya dibutuhkan sebuah gerakan bersama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat. Kita satukan kekuatan ini bersama-sama hadir dengan komitmen menjadikan Belawan bersih. Mari kita mulai gerakan Belawan bersih,” ujar Husni.

Dipilihnya Belawan sebagai lokasi aksi bersih-bersih karena wilayah ini merupakan hulunya Kota Medan. Dengan demikian seluruh sampah yang berasal dari hilir bertemu di Belawan. “Dengan pembersihan yang kita lakukan bersama ini dan terus rutin dilakukan, Insya Allah Belawan akan jadi bersih dan menjadi ikon. Saya yakin ini akan memotivasi wilayah lain untuk mengikutinya,” jelasnya. (reza sahab)