PDP Covid-19 di Sumut Naik Jadi 48 orang, OPD jadi 338 Orang

PDP Covid-19 di Sumut Naik Jadi 48 orang, OPD jadi 338 Orang
PDP Covid-19 di Sumut Naik Jadi 48 orang, OPD jadi 338 Orang

MEDAN, kaldera.id – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) di Sumatera Utara bertambah menjadi 48 orang sedangkan jumlah orang dalam pengawasan (OPD) menjadi 338 orang.

“Seluruh PDP saat ini sedang dirawat di 18 rumah sakit di lima kabupaten kota diantaranya Medan, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tiba Samosir, “ujar Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, Sabtu (21/3/2020).

Sedangkan pasien PDP yang sudah dipulangkan kerumah berjumlah tiga orang. “Ketiga pasien PDP ini terbukti negatif terinfeksi virus corona dan sudah kami pulangkan,” jelasnya.

Riadil mengatakan seluruh biaya pengobatan PDP yang ada Sumut akan ditanggung oleh pemerintah dengan APBD yang tersedia dari Provinsi maupun dari kabupaten kota.

“Seluruh PDP akan ditanggung dari APBD Pemprovsu juga dari APBD kabupaten kota,” tuturnya.

Dia berharap seluruh jajaran pemerintahan sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai Covid-19 sehingga masyarakat bisa mengetahui bahaya dari penyebaran Covid-19 mulai dari tingkat dusun hingga ke tingkat kabupaten kota.

“Kita harap kerjasamanya mulai dari tingkat dusun, kecamatan, hingga kabupaten kota dalam mensosialisasikan bahaya covid-19 ini sehingga masyarakat bisa mengantisipasi penyebarannya,” pungkasnya.

Dalam rangka pemutusan rantai penyebaran Covid-19 Pemprovsu merekrut relawan yang tersebar di seluruh kabupaten kota yang nantinya akan membantu proses stracing orang dalam pengawasan (OPD).

“Dalam proses stracing kami sudah melibatkan relawan dari Pramuka dan beberapa organisasi kemasyarakatan pemuda lainnya. Kami juga mempersilahkan bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan kami menjadi relawan,” kata Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit. (finta rahyuni)