Jumlah Positif Covid-19 di Medan Naik 10 Kali Lipat

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengungkapkan, jumlah warga Kota Medan yang positif Covid-19 dari pertengahan Mei sampai pertengahan Juni 2020 sebanyak 572 orang. Terjadi peningkatan mencapai 10 kali lipat.

Padahal sebelumnya yang positif hanya berjumlah sekitar 70 an. Hal ini terjadi akibat dilakukannya rapid test massal.

“Jadi, peningkatannya sangat eksponensial. Peningkatan ini sampai kapan? Itu semua tergantung kepada kita semua.

Jika kita mematuhi protokol kesehatan, terutama pemakaian masker, Insya Allah penularan Covid-19 dapat diatasi. Sehingga kita dapat memasuki new normal,” ungkap Akhyar saat menghadiri rapid test dan pengobatan massal di

Gedung Serba Guna Yayasan Missi Gurdwara, Jalan Polonia Medan, Minggu (14/6/2020).

Akibat gencarnya rapid test massal yang dilakukan pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat, yang selama ini terlihat sehat ternyata positif terinfeksi Covid-19.

Di samping itu, peningkatan juga tidak terlepas karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Diakuinya, penggunaan masker tidak membuat masyarakat nyaman. Namun, hasil yang diperoleh dapat melindungi diri maupun orang lain dari tertular virus mematikan tersebut.

“Gunakan masker dimanapun berada. Jangan sepele dengan masker. Sebab, alat ini sangat melindungi diri kita dan orang lain agar tidak tertular Covid-19,” tegasnya.

Dampak pandemi Covid-19, tidak hanya terhadap bidang kesehatan dan ekonomi saja, tetapi juga berimbas terhadap Pemko Medan.

Akhyar mengungkapkan, akibat pandemi Covid-19, seluruh program perencanaan harus di cancel. Kondisi itu terjadi akibat pendapatan jauh menurun sejak empat bulan belakangan (Maret sampai Juni).

“Praktis selama 4 bulan bekalangan ini, Pemko Medan tidak ada pendapatan lagi. Pendapatan yang diperoleh hanya 10% dari perencanaan pendapatan yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Menyikapi itu, Akhyar mengajak semua untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. (reza sahab)