Site icon Kaldera.id

Kepala Puskesmas Positif Covid-19, Pelayanan Tutup

Kadis Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi

Kadis Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi

MEDAN, kaldera.id – Lagi, pelayanan disalah satu puskesmas di Kota Medan ditutup. Hal ini dilakukan terhadap Puskesmas Tuntungan Jalan Bunga Melati Kec Medan Tuntungan setelah Kepala UPT-nya positif terinfeksi Covid-19.

Penutupan dilakukan hingga akhir Juni dan pelayanan akan dibuka kembali 1 Juli 2020 mendatang. Sedangkan selama penutupan dilakukan, pelayanan sementara dialihkan ke Puskesmas Simalingkar, Jalan Bawang Raya, Kec Medan Tuntungan.

“Benar, saat ini layanan Puskesmas Tuntungan sudah kita alihkan untuk sementara waktu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi kepada wartawan di Medan, Jumat (19/6/2020).

Edwin menjelaskan ‎penutupan sementara operasional Puskesmas Tuntungan dilakukan sejak 17 Juni 2020. Ia juga mengungkapkan belum mengetahui dari mana Kepala Puskesmas itu, terpapar virus corona. “Bila nanti sudah kita anggap steril, layanan kepada masyarakat akan kembali dibuka seperti sedia kala,” jelas Edwin.

Penutupan pelayanan sementara Puskesmas Tuntungan, menurut Edwin untuk melakukan pencegahan Covid-19. Seluruh pegawai pernah kontak ‎dengan Kepala Puskesmas untuk dilakukan penenganan medis seperti dilakukan rapid test, termasuk keluarganya. “Sehingga untuk saat ini kita lakukan sterilisasi terlebih dahulu, sebelum nantinya layanannya akan kita aktifkan kembali,” tutur Edwin

Sebelumnya, nasib serupa sudah dialami Puskemas PB Selayang II Jalan Bunga Cempaka Kec Medan Selayang, Puskesmas Kota Matsum Jalan Amaliun Kec Medan Area dan Puskesmas Sunggal Jalan TB Simatupang Kec Medan Sunggal. Ketiga puskesmas tersebut telah kembali memberikan pelayanan sejak pekan kedua Juni ini. (haris)

Exit mobile version