Mayjen TNI MS Fadhilah Dimutasi, Mayjen TNI Irwansyah Pangdam I/BB

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah
Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah

MEDAN, kaldera.id – Tongkat komando jabatan Pangdam I/BB akan segera berganti. Ini setelah Pangdam I/BB Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dimutasi menjadi Pa Sahli Tk III Kasad Bid Intekmil dan Siber.

Tongkat komando Pangdam I/BB selanjutnya diamanatkan kepada Mayjen TNI Irwansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Sahli Bid Hankam BIN.

Hal ini terungkap dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dimana, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan terhadap 49 perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI. Yakni, 40 pati TNI Angkatan Darat, 5 Pati TNI Angkatan Laut, dan 4 Pati TNI Angkatan Udara. Dari 49 Pati TNI AD, salah satunya, Mayjen TNI MS Fadhilah.

Fadhilah menjabat sebagai Pangdam I/BB sejak Juli 2018 mengantikan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo.

Sedangkan penggantinya, Mayjen TNI Irwansyah merupakan lulusan Akmil 1985. Tercatat Irwansyah yang merupakan jebolan Akmil 1985 itu sarat pengalaman dalam bidang Infanteri, sama halnya dengan Fadhilah.

Jabatan strategis lainnya, yang juga dilakukan pergantian, yakni Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, digantikan Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, yang sebelumnya menjabat Aster Kasad. Pangdam Udayana Mayjen Benny Susianto dimutasi menjadi Pa Sahli Tk III Kasad Bid Wassus dan LH. Danseskoad Mayjen Kurnia Dewantara, dipercaya pimpin Kodam Udayana.

Selain itu, juga ditunjuk Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), yang kosong setelah Terawan Agus Putranto ditunjuk sebagai menteri kesehatan oleh Presiden Jokowi.

Posisi yang Kepala RSPAD ditunjuk Mayjen Bambang Dwi Hasto, yang sebelumnya Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes)TNI. Posisi Kapuskes TNI ditunjuk Mayjen Tugas Ratmono sebelumnya menjabat Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad).

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” tutur Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman, dalam keterangan resminya, Sabtu (20/6/2020). (haris)