Akhyar: Ciri Khas Medan Mulai Luntur

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution ingin mengembalikan budaya atau ciri khas Kota Medan.

Menurutnya saat ini, masyarakat mulai kehilangan karakter aslinya. Medan kehilangan roh nya. Salah satu contoh dialog atau ciri khas dalam berbicara.

“Saya tidak bicara dari sisi akademik, tapi berdasarkan ciri khas selama ini, terutama dalam berbicara. Semua larut dalam budaya populer,” tegasnya ketika berdiskusi dengan wartawan, Rabu (1/7/2020).

Dia menjelaskan, kata ciri -ciri khas Medan mulai jarang didengar. Padahal hal itu merupakan ciri khas atau karakter Medan sebenarnya.

“Sekarang anak muda di Medan lebih ke Jakarta an. Jarang lagi ngucapin naik kereta. Lebih mau bilang naik motor dan lainnya. Padahal dari bahasa itu masyarakat luar kita berasal dari Medan,” ungkapnya.

Untuk itulah dirinya ingin mengembalikan semangat, karakter, dan ciri khas Medan. Saat ini mulai luntur dan larut dalam budaya populer.

“Medan punya karakter tersendiri. Keras tapi bukan sombong. Bahkan, di luar sana persaudaraan Medan sangat kental dan diakui. Untuk itu saya sangat bersemangat mengembalikan itu,” tambahnya. (reza sahab)