Normalisasi Sungai Tidak Semudah Mendiskusikannya

Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution
Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengakui, pekerjaan normalisasi sungai tidak segampang mendiskusikannya.

Butuh waktu jangka panjang untuk pengerjaanya. Selain itu, pengerjaanya juga melibatkan banyak pihak dan fokus hanya dibidang itu saja.

“Perlu dibentuk tim terpadu atau satuan kerja (Satker) yang dikomandoi dan diberikan kewenangan yang sama kuat. Diawali dengan pemetaan untuk warga yang tinggal di bantaran sungai tersebut,” ungkap Akhyar saat bertemu dengan Anggota DPRD Sumut di Balai Kota Medan, Kamis (9/7/2020).

Akhyar menjelaskan, untuk menata kawasan bantaran sungai, warga yang bermukim di kawasan itu harus dipindahkan terlebih dahulu. Dan belum tentu warga tersebut bersedia dipindahkan.

“Inilah problem yang sedang dihadapi. Mudah-mudahan dengan kesiapan para anggota DPRD Sumut dapat membantu. Sehingga lebih kuat lagi untuk mengatasi persoalan ini,” ungkap Akhyar

Dia menambahkan, saat ini Pemko Medan telah mendata permasalahan banjir di Kota Medan, terutama yang berada di antara Sungai Deli dan Sungai Sei Sikambing. Dimana, salah satu solusinya normalisasi sungai. (reza sahab)