Sukseskan Coklit, KPU Medan Sangat Harapkan Dukungan Pemko Medan Forkopimda

Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Emeral Garden
Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Emeral Garden

MEDAN, kaldera.id – Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik mengungkapkan, sangat mengharapkan dukungan Pemko Medan dan unsur Forkopimda dalam mensuskeskan proses coklit ini.

Dikatakannya, bentuk dukungan dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemuktahiran data pemilih tersebut.

Dijelaskannya, PDP dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

“Jadi, PPDP harus tepat dalam pencocokan data dan teliti (coklit) dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak terkait,” ujar Agus saat Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Emeral Garden, Senin (13/7/2020) sore.

Di kesempatan itu, Agus juga menjelaskan, PPDP yang telah direkrut KPU Medan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menyesuaikan setiap tahapan yang dilakukan. “Hal ini kita lalukan untuk melindungi semua lapisan masyarakat,” tegasnya.

Coklit sendiri akan dimulai 15 Juli mendatang. Hal ini merupakan pengalaman baru karena dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Semenetara itu, Kabag Tapem Setdakota Medan, Ridho Nasution menambahkan, PPDP dalam menjalankan tugasnya diminta harus patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di samping itu, seluruh PPDP yang sebagian besar merupakan kepala lingkungan ini dapat bekerja secara profesional sehingga harus dibekali pengetahuan dan pemahaman peraturan.(reza sahab)