Dompet Dhuafa Salurkan 301 Hewan Kurban di Sumut

Pimpinan Cabang DD Waspada, Sulaiman saat menyerahkan daging qurban kepada para penerima manfaat.
Pimpinan Cabang DD Waspada, Sulaiman saat menyerahkan daging qurban kepada para penerima manfaat.

MEDAN,kaldera.id – Dompet Dhuafa (DD) Waspada menyalurkan 301 ekor hewan kurban setara doka (domba – kambing) pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Pimpinan Cabang DD Waspada, Sulaiman mengaku, meski ditengah kondisi Covid-19 ternyata tidak juga menyurutkan niat masyarakat untuk berkurban. Program Tebar Hewan Kurban (THK) 2020 DD Waspada ini pun dikatakannya meningkat cukup signifikan.

“Pada THK tahun 2019 kami hanya menerima sekitar 14 Ekor sapi dan 73 ekor kambing. Namun pada tahun 2020 ini, DD Waspada berhasil menghimpun 23 ekor sapi dan 140 ekor kambing,” ujar Sulaiman saat menyerahkan daging kurban kepada sejumlah penerima manfaat, Jum’at (31/7/2020).

Daging kurban ini, dikatakannya, dapat disembelih dan disebarkan daging nya kepada Sekitar 18 ribu orang penerima manfaat yang sudah terdata secara rinci di 25 titik lokasi yang marginal serta wilayah yang ekonominya di Sumatera Utara (Sumut).

Selain penerimaan dan penyaluran hewan kurban, lanjut Sulaiman, dalam program THK DD Waspada 2020 juga diadakan giat sedekah daging kurban. Dituturkannya, sedekah daging adalah program pemberian daging kurban dari hewan kurban yang dibeli secara gotong royong dari dana para donatur yang terkumpul.

“Jadi banyak orang baik yang bersedekah dana untuk kurban, lalu dikumpulkan dan dibelikan hewan kurban, terkumpul donasi dan dibelikan delapan ekor kambing” jelasnya.

Pada Hari Raya Idul Adha Dompet Dhuafa Salurkan 301 Hewan Qurban

Menurutnya, hadirnya program THK DD Waspada ini, masyarakat yang ada di pedesaan terlebih lagi yang di pedalaman, kepulauan dan perbatasan bisa turut merasakan semarak berkurban.

Arman, salah satu warga Sugiharjo Batangkuis yang menjadi salah satu penerima manfaat turut merasa senang dengan program THK DD Waspada ini.

“Alhamdulillah daging kurban sangat bermanfaat bagi kami. Sehingga kami dapat merasakan kenikmatannya secara langsung baik nikmatnya daging dan kenikmatan bersilaturahmi, bergotong royong dan makan bersama,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Dedi Sembiring, warga Semangat Gunung, Karo kepada para donatur. “Syukurlah tahun ini daerah kami kebagian kambing, senang sekali rasanya hati ini. Terimakasih Dompet Dhuafa terima kasih para Donatur semoga diberikan rezeki dan kesehatan, amin,” ucapnya.

Hal senada juga diucapkan, Usman selaku Kepala Desa Jaring Halus, Langkat, ia menilai dengan program THK DD Waspada ini warga di desanya bisa mendapatkan hewan kurban.

“Terimakasih telah mau hadir menyebrang jauh-jauh kepulau Jaring Halus untuk menyalurkan daging kurban kedesa kami. Berkat para donatur Dompet Dhuafa Waspada, Warga dapat menikmati daging kurban,” ucapnya. (finta rahyuni)