Akhyar Nasution Positif Covid-19, Keluarga Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi saat konferensi pers.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi saat konferensi pers.

MEDAN,kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution dinyatakan positif Covid-19 melalui hasil tes swab, sementara istri dan anaknya dinyatakan negatif.

Akhyar disebut awalnya memiliki keluhan kesehatan sehingga disarankan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan untuk melakukan swab pada Senin (3/8/2020).

“Bapak Walikota saat ini memang sedang dalam perawatan. Awalnya merasa ada keluhan, jadi kita sarankan pak wali untuk memeriksakan ke rumah sakit. Senin sore dilakukan swab dan hari selasa pagi itu hasilnya positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi saat konferensi pers di Gedung PKK Kota Medan, Rabu (5/8/2020).

Edwin menyebut, kondisi Akhyar saat ini cukup baik dan masih terkendali. Akhyar juga kini sudah mendapat pengawasan ketat dari tenaga medis.

“Kita bersyukur karena terus kita sarankan untuk perawatan di rumah sakit supaya dengan pengawasan yang ketat. Keadaan umum baik, dan terkendali, keadaan umum itu seperti temperatur, tekanan darah dan pernafasan,” tambah Edwin.

BACA JUGA :  Pedagang dan Pembeli Di Rapid Test di 5 Pasar Tradisional Paluta

Edwin sendiri masih enggan menyebutkan detail rumah sakit tempat Akhyar dirawat. Ia hanya menyebut Akhyar dirawat di salah satu rumah sakit keluarga di Kota Medan.

“Pak wali dirawat dirumah sakit keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, bagi yang pernah kontak erat dengan Akhyar Nasution, Edwin menyebut, akan dilakukan tes swab hari ini. Ia mengatakan, yang paling banyak bersama Akhyar beberapa waktu terakhir ini dari bagian Ptotokoler dan Humas.

“Untuk yang pernah kontak erat dengan pak wali akan kita lakukan swab pada hari ini. Terutama yang untuk kontak erat bersamaan dengan pak wali. Kebanyakan dari bagian ptotokol, Humas, ajudan,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setdako Medan, Arrahman Pane mengatakan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor masih akan di diskusikan ke bagian umum. Ia menyebut beberapa waktu terakhir ini Akhyar jarang bertugas di kantor walikota.

“Nanti kita koordinasikan dengan bagian umum apakah akan disemprot dan dilakukan pengamanan yang lain, karena bapak memang beberapa hari ini tidak ke kantor,” tegasnya. (finta rahyuni)