Pedagang Bendera di Medan Gelar Lapak di Trotoar Jalan

Pedagang Bendera di Medan Gelar Lapak di Trotoar Jalan
Pedagang Bendera di Medan Gelar Lapak di Trotoar Jalan

MEDAN,kaldera.id – Pedagang Bendera merah-putih mulai terlihat memadati beberapa trotoar jalan di Kota Medan jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Pantauan kaldera.id, Rabu (5/8/2020) beberapa jalan yang terlihat ramai pedagang bendera musiman ini yaitu di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Imam Bonjol, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tak hanya bendera, mereka juga menjual berbagai pernak pernik bernuansa merah putih.

Dayat, salah satu pedagang bendera menyebut sudah 20 tahun berjualan bendera di depan tugu makam pahlawan, Jalan Sisingamangaraja secara turun temurun dari orang tuanya. Dikatakannya, ia sudah mulai berjualan sejak 20 Juli 2020.

Selama berjualan, ia menyebut tidak pernah terkena razia oleh petugas Satpol PP. Menurutnya, hal ini pun dikarenakan mereka hanya penjual musiman jelang HUT Kemerdekaan RI.

“Tak pernah, sudah 20 tahun jualan disini, ini kan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Dalam kondisi pandemi saat ini, ia mengaku sebagai pedagang bendera musiman kekurangan penjualan dari tahun sebelumnya. “Hampir 30 persen berkurang dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Senada dengan Dayat, Andi yang juga sudah lama berjualan bendera di depan tugu makam pahlawan ini mengatakan tidak pernah terkena razia oleh petugas. Namun dikatakannya, mereka diberikan peringatan dan pengertian agar tidak sampai menggangu pengguna jalan.

“Sudah hampir 11 tahun. Ini kan yang dijual bendera kita juga kan, yang penting tidak menggangu pengguna jalan,” sebutnya. (finta rahyuni)