Besok, Forum Eksponen 98 PDIP Deklarasi Dukung Akhyar

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution

MEDAN, kaldera.id – Forum Eksponen 98 PDIP akan mendeklarasikan dukungan resmi ke pasangan Akhyar Nasution – Salman Alfarisi di Pilkada Medan 2020, Selasa (11/8/2020).

Dukungan ini khusus dilakukan pada hari yang bersamaan dengan pengumuman calon yang diusung PDIP di Pilkada Medan 2020.

“Tujuannya sekaligus untuk menghibur kader PDIP yang kecewa dengan penetapan pasangan calon karena baik wali kota maupun wakil yang diusung bukan dari kader. Kami ingin mengajak kader untuk tidak larut pada kekecewaan dan justru bergembira karena ada anak idiologi partai ini yakni Akhyar Nasution sebagai calon,” tegas Ketua Forum Eksponen 98 Gumana Lubis kepada wartawan, Senin (10/8/2020) malam.

Dikatakan desakan deklarasi mendukung Akhyar datang dari kader-kader yang punya prinsip dari 21 kecamatan.

Para kader ini menitip dukungan ke eksponen 98, dikarenakan para kader tidak ingin dikenakan sanksi dari elit PDIP Sumut yang sudah tidak lagi punya semangat demokrasi.

Gumana mengklaim dengan tidak adanya kader yang diusung PDIP, maka sekitar 60% lebih pemilih tradisional PDIP Medan akan menjatuhkan pilihannya ke Akhyar Nasution.

“Akhyar itu seorang marhaen yang dekat dengan para kader. Hubungan bathin yang sangat kuat itu semakin mengental karena ada penzoliman kepada Akhyar,” tegasnya.

Di sisi lain, kata Gumana situasi akan sedikit berbeda jika yang menjadi wakil Bobby itu Robby Barus.

“Saya pikir ini keberuntungan bagi Akhyar. Kalau sempat Robby Barus yang dipasangkan agak repot juga karena beliau itu tokoh yang punya kharisma dan beranjak dari bawah. Robby Barus itu punya massa akar rumput yang cukup besar. Saya kira pendukung Robby Barus itu juga akan ramai-ramai memilih Akhyar,” pungkasnya.(reza sahab)