Site icon Kaldera.id

Warga Diajak Manfaatkan Atap Gedung Jadi RTH

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat ikut melakukan panen perdana kacang tanah di Kampung Millenium Agro Rooftop Plaza Millenium.

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat ikut melakukan panen perdana kacang tanah di Kampung Millenium Agro Rooftop Plaza Millenium.

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengajak masyarakat untuk memanfaatkan rooftop (atap gedung) dan lahan kosong untuk dijadikan sarana menanam berbagai jenis tanaman pangan. Dengan begitu, artinya masyarakat turut serta ikut andil dalam mendukung ketahanan pangan di Kota Medan.

Hal ini disampaikan Akhyar usai melakukan panen perdana kacang tanah di Kampung Millenium Agro Rooftop Plaza Millenium, Jalan Kapten Muslim Medan, kemarin.

“Dengan memanfaatkan lahan yang ada maka kita turut mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kota Medan. Selain itu juga, sebagai wujud kemandirian masyarakat untuk memenuhi sebagian kebutuhannya sehari-hari,” kata Akhyar.

Untuk itulah dirinya mengajak masyarakat Kota Medan agar dapat memanfaatkan rooftop rumah yang dimiliki sebagai RTH pribadi. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapat salah satunya mampu mengurangi intensitas banjir di Kota Medan. Saat hujan turun, air tidak langsung ke parit, melainkan tertahan dulu di sini (rooftop).

“Nanti akan kita pertimbangkan untuk warga yang membuat rooftop menjadi RTH seperti diskon PBB permeter kubiknya. Pola seperti ini akan kita upayakan,” jelasnya seraya mengaku optimis jika target 20% RTH dapat dilewati. (reza sahab)

Exit mobile version