Sebanyak 432 Mahasiswa Baru FISIP UMSU Ikuti PKKMB Virtual

PKKMB secara virtual digelar FISIP UMSU
PKKMB secara virtual saat digelar FISIP UMSU

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 432 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) Angkatan 2020 mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara virtual atau dengan jaringan (daring), Selasa (13/10/2020).

Mahasiswa baru tersebut tersebar di tiga program studi yang ada di FISIP UMSU, yakni Prodi Kesejahteraan Sosial (KS) sebanyak 85 orang, Ilmu Komunikasi (IKO) sebanyak 285 orang, dan Ilmu Administrasi Publik (IAP) sebanyak 62 orang.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Wakil Dekan 3 FISIP, Abrar Adhani menjelaskan, PKKMB tahun ini dilaksanakan virtual dengan pemanfaatan teknologi informasi yang membuat pihak kampus, yakni, Dekanat, pimpinan prodi, dan dosen dapat berinteraksi dengan mahasiswa baru dalam sebuah jaringan dengan pemanfaatan komputer dan fasilitas internet. Sehingga masing-masing pihak merasa berada di dalam lingkungan yang sama.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Materi PKKMB baik dari Dekanat maupun program studi bisa disampaikan kepada seluruh mahasiswa meski lokasi berjauhan dan masing-masing berada di tempat yang berbeda,” ujarnya.

FISIP UMSU Ikuti PKKMB

Selain 432 mahasiswa baru, PKKMB yang langsung dibuka Dekan FISIP Arifin Saleh dan dihadiri WD 1 Zulfahmi Ibnu, Ketua dan Sekretaris Prodi KS Mujahiddin dan Yurisna Tanjung, dan lainnya.

Selain mengenalkan kehidupan kampus dengan berbagai model dan aturannya, PKKMB ini diisi juga berbagai materi termasuk orientasi, pengenalan, dan prospek kerja lulusan program studi yang disampaikan masing-masing Ketua dan Sekretaris Prodi.

“PKKMB tahun ini model baru karena masih masa pandemi Covid-19. Tapi, berkat dukungan penuh universitas dan kesiapan fakultas dan prodi melaksanakannya, Alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana. Kami juga sudah siap melaksanakan perkuliahan semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 ini secara daring yang akan dimulai 19 Oktober nanti,” papar Arifin.

Dalam kesempatan itu, Arifin juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua mahasiswa dan masyarakat karena sudah memutuskan pendidikan studi lanjutan anaknya ke FISIP UMSU. “Kami akan menjaga kepercayaan ini.

Kami selalu sungguh-sungguh dalam mengelola pendidikan di fakultas dan program studi dan ini sudah terbukti dengan perolehan Akreditasi A untuk ketiga prodi yang ada di FISIP UMSU,” pungkasnya. (reza sahab/rel)